PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA GIANT SUPERMARKET SCP (SAMARINDA CENTRAL PLAZA) SAMARINDA

AGNES AYU SASMITA SA, SUAHRNO -, RAHMAWATI -

Abstract


This study aimed to determine the effect of Merchandising , basic principles, service , customer satisfaction to customer loyalty at Giant Supermarket SCP ( Samarinda Central Plaza ) Samarinda , using multiple regression analysis. Results showed variable Merchandising variables , basic principles, service, customer satisfaction together positive and significant impact on customer loyalty . The R value of 0.482 means that there is a relationship which was of variable Merchandising , basic principles, service, customer satisfaction to customer loyalty . The coefficient of determination ( R2 ) of 23.20 per cent it shows the proportion of variable contribution Merchandising , basic principles, service , customer satisfaction to fluctuations in customer loyalty.

Keyword: Merchandising , basic principles, service , customer satisfaction and customer loyalty

References


Ahmad Mardalis. 2004. Meraih loyalitas

pelanggan. Benefit. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Balai Penelitian dan Pengembangan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah. Surakarta.

Alida Paliati. 2004. Pengaruh Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan. analisis. volume 1( 2). Edisi maret.

Asep ST. Sujana. 2005. Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Assael, Henry. 1992. Consumer Behavior and Marketing Action. PWS-KENT Publishing Company.

Baloglu, S., 2002. Dimention of Customer

Loyalty. Cernell University. Refereed article. Barsky, Keki R. 1992. Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty, AMA Management Briefing, New York.

Basu Swastha dan Irawan. 2000. Asas-asas

Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Beatty S. E., L. R. Kahle, dan P. Homer.

The Involvement Commitment Model: Theory and Implications, Journal of Business Research, Vol. 16, No. 2.

Berman, Berry and Evans, R. Joel. 2007. Retail Management A Strategic Approach. Ten Edition. Pearson Prentice Hall.

Bilson Simamora. 2004. Riset Pemasaran, Falsafah, teori dan aplikasi Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Boyd, Jr. Harper W., Jr. Orville C. Walker, Jean-Claude Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran. Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua. Jakarta : ERLANGGA.

Buchari Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Bandung: CV. Alfabeta.

. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung: CV. Alfabeta.

Chang, Chih-Hon and Chia-Yu Tu. 2005. Exploring Store Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty Relationship: Evidence from Taiwanese

Hypermarket Industry. The Journal of American Academy of Business, Cambridge Vol.7. Num.2. September.

Christina Widya Utami. 2006. Relationship Effort dan Kualitas Layanan Sebagai Strategi Penguat Relationship Outcomes.Sebuah Tinjauan Konseptual dalam Bisnis Ritel

Modern di Indonesia. Jurnal Manajemen

Pemasaran, 1 (1), Edisi April.

East, R., Harris, P., Lomax, W., Wilson, G.,

First Store Loyalty to US and British Supermarkets.Occasional paper series, Kingston Business School. July

Fandy Tjiptono. 2002. Manajemen Jasa. Edisi II. Yogyakarta : ANDI

Farida Jasfar. 2005. Pentingnya Kualitas Pelayanan dalam Membangun kepercayaan pelanggan dan Keputusan Membeli (Survei pada Ritel Modern di area Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi). Jurnal Manajemen Pemasaran Jasa, 1(1).

Freddy Rangkuti. 2001. Riset pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi IBII.

Gale. Chernev, A. 1997. The Effect of Common Features on Brand Choice: Moderating Role of Attribute Importance, Journal ofConsumer Research, Vol. 23

Gosh, Evijit. 2007. Retail Management. Second edition. New York University.

Hair, J.F., Anderson, RE., Tatham, R.L, Black, W.C. 1995. Multivariate Data Analysis (fourth ed.). New Jersey : Prentice- Hall.

Hatane Semuel. 2006. Ekspektasi Pelanggan dan Aplikasi Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Toko Moderen dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening. (Studi Kasus pada Hypermarket Carrefour di Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), Edisi Oktober.

Hendri Ma’ruf. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Husein Umar. 2000. Riset Pemasaran danPerilaku konsumen. Jilid Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Jakarta Business Center (JBRC). Imam Ghozali. 2001. Aplikasi : Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

J. Supranto. 1997. Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Jonathan Sarwono. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Penerbit ANDI : Yogyakarta.

Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid II. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Milenium. Jakarta : Prenhalindo.

. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Milenium. Jakarta : Prenhalindo.

. 2005. Manajemen

Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Jakarta

:PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kusmayadi dan Sugiarto Endar. 2000. Metodelogi Pendidikan Dalam Bidang Kepariwisataan.PT. Gramedia.

.2004. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid I. Jakarta: PT. Indeks.

L.T. Silitonga dan Maskur, M.F. 2005. Menyimak persaingan disektor ritel, Analisa usaha kecil menengah bag.1 dari 2 tulisan, http://www.bisnis.com

Levy and Weitz. 2007. Retail Management. Six edition. Mc Grow. Hill.

Li wei, mai. 2006. A Structural Equation Model of Customer Satisfaction and Future Purchase of Mail-Order Speciality Food. Int.

Journal of Business Science and Applied

Management, Volume 1.

Loudon, David L and Della Bitta, Albert L.

Consumer Behaviour: Concepts and Application. (Fourth Edition). Singapore Lynda Wee Keng Neo dan Tong Kok Wing.

The 4 Rs of Asian Shopping Centre Management. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

Mittal, V., and Wagner .A. Kamakura. 2001. Repurchase Intent, and Repurchase Behavior: Investigating The Moderating Effect Of Customer Characteristics, Journal Of Marketing Research Vol. XXXVIII February.

Mowen, John C.& Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Edisi Kelima. Jakarta : PT Penerbit Erlangga.

Nata Wirawan. 2002. Cara Mudah Memahami Statistik 2 (Statistik Inferensia), untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Kedua. Keraras Emas: Denpasar.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo.

Metodologi Penelitian Bisnis, untuk

Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. BPFE : Yogyakarta.

Oliver, F., Ben Shaw-Ching Liu and D. Sudharshan, 1997. The RelationshipBetween Culture and Service Qualityperceptions,Journal of service research vol. 2 No. 4, May.

Omar, O.E. 1999. Retail Marketing. Harlow. England : Pearson Education.

Parasuraman, V.Z., Berry and Leonard. 1990. A Role Stress Model of Performance and Satisfaction of Industrial Sales Persons. Journal of Marketing.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2002. Consumer Behaviour and Marketing Strategy. Homewood.Illinois: Richard D. Irwin Incorporation.

Ratih Hurriyati. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfabeta.

Sarmanu, H.. 2003. Materi penelitian

Structural Equation Modelling (Permodelan Persamaan Structural). Diktat Kuliah Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya.

Sigit Triyono. 2006. Sukses Terpadu Bisnis Ritel Merchandising Sampai Shrinkage. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Singgih Santoso dan Fandy Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran (Konsep dan aplikasi dengan SPSS).PT. Elex media komputindo. Jakarta.

Siswanto Sutojo and F. Kleinsteuber. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Damar MuliaPustaka.

Solimun. 2010. Analisis Multivariat

Pemodelan Struktural Metode Partial Least

Square- PLS. Penerbit CV. Citra: Malang.

Solomon, R. Michael. 2002. Consumer Behavior. Sixth edition. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesembilan. Bandung : CV Alfabeta.

Dowling G.R. and Uncles M. 1997. “Do Customer Loyalty Programs Really Work ?”. Sloan Management Review, Summer. Yadnya, I Putu. 2002. Pengantar Manajemen. Diktat Kuliah pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Zeithaml, V.A. and M.J. Bitner. 2001. Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. International Edition. McGraw-Hill, United Stated of America.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com