Pengaruh Harga, Persepsi Kualitas dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Mulawarman Samarinda)

Erniyati Erniyati, Pamasang S Siburian, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel harga, persepsi kualitas dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pengguna smartphone Xiaomi di Universitas Mulawarman Samarinda) dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pengguna smartphone Xiaomi di Universitas Mulawarman Samarinda). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah harga, persepsi kualitas dan kepercayaan merek sementara variabel terikat adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pengguna smartphone Xiaomi di Universitas Mulawarman Samarinda yang terdiri dari 87 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga, persepsi kualitas dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel persepsi kualitas merupakan variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian dibanding variabel lain yaitu harga dan kepercayaan merek.


Keywords


Harga; Persepsi Kualitas; Kepercayaan Merek; Keputusan Pembelian

References


Anette Laras. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Country Of Origin, Harga, Dan Kualitas Terhadap Minat Pembelian (Studi Kasus: Convenience Store Ministop). Skripsi ilmu International Marketing Binus University. Jakarta.

Astuti, Sri Wahjuni dan Cahyadi, I Gde. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi, Tahun XVII, No.2 Agustus 2007, Surabaya.

Dwi Rahmawati. 2015. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Hp Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri.

Eva Inayah Luftiani. 2016. Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Mere dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Merek Toko (Studi Kasus Pada Konsumen Bio Organik di Supermarket Superindo Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Media Pressindo. Yogyakarta.

Kautonen, Teemu dan Heikki Karjaluoto. 2008. Trust And New Technologies: Marketing And Management On The Internet And Mobile Media. Edward Elgar. Cheltenham, Glos, UK.

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Jakarta : Indeks

_________ dan Gary Amstrong. 2007. Dasar-dasar pemasaran, Cetakan Kedua. Edisi Kesembilan. PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

_________ dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_________ dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.

_________ dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

_________ dan Gary Amrstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc

Krystia Tambunan. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus Pada Konsumen di Bandeng Presto Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Nurcahya Agung Sulistya Budi. 2015. Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Riduwan dan Akdon. 2006. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi ke-12. Salemba Empat. Jakarta.

Sanda Amida Dike Rosica. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan(Studi Pada Pelanggan London Beauty Center (Lbc) di Kota Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Santri Zulaicha. 2016. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis ISSN 2338-4840 Vol. 4, No. 2, Desember 2016, hlm. 125-136.

Sekar Jingga Citranuari. 2015. Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Ponds di Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Septi Chairani Hasibuan. 2012. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha di Jl. Pahlawan Kota Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Sugiono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.

_______ 2013. Metode Penelitian Bisnis.Penerbit Alfabeta. Bandung.

Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Penerbit andi. Yogyakarta.

_______ 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wistanto Wardhana Putra. 2015. Analisis pengaruh perceived quality terhadap perceived value, satisfaction dan trust, serta implikasinya terhadap repurchase intention dan positive e-wom: telaah pada produk xiaomi mi3. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. Tanggerang.

Zofpan Aditia Islami. 2015. Hubungan Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Telur Asin Mr.Zo Corporation di Bandung. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Bandung.

Blog Smart Consultant, 24 Maret. Kepercayaan Merek. http://blog.konsultasi-skripsi.org/2015/03/kepercayaan-merk.html. diakses tanggal 01 November 2017.

Detekno.com, 26 Juli 2015. 5 Kelebihan Hp Xiaomi Yang Perlu Di Ketahui. https://www.detekno.com/kelebihan-hp-xiaomi/. diakses tanggal 01 November 2017.

Jalantikus, 10 November 2017. 5 Kelebihan Fitur Smartphone Xiaomi yang Tidak Dimiliki Pesaingnya. https://maulidiarizkizaty.wordpress.com/2017/10/05/sejarah-xiaomi/. diakses tanggal 19 februari 2018

Kompas.com, 03 Juli 2012. Pengguna Smartphone Lebih Jarang "Ngoceh". http://tekno.kompas.com/read/2012/07/03/06480749/Pengguna.Smartphone.Lebih.Jarang.Ngoceh. diakses tanggal 01 November 2017.

MaulidiaRizkizaty's, 05 Oktober. Sejarah Xiaomi. https://jalantikus.com/gadgets/kelebihan-fitur-smartphone-xiaomi/. diakses tanggal 19 februari 2018

Neton.id, 26 Agustus 2017. Bersaing dengan Brand Internasional, Advan Duduki Posisi Ketiga Penjualan Smartphone Indonesia. https://neton.id/news/market/15089-bersaing-dengan-brand-internasional-advan-duduki-posisi-ketiga-market-smartphone-indonesia/. diakses tanggal 01 November 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com