Pengaruh love reputation, preference, word of mouth terhadap loyalitas konsumen dirumah makan geprek express samarinda

Agus Tomako Saputra, Herning Indriastuti, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan pengaruh Love Reputation, Preference dan Word of mouth terhadap Loyalitas Konsumen rumah makan Geprek Express di kota Samarinda dengan menggunakan beberapa variabel yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen yaitu Love Reputation, Preference, dan Word of mouth dari rumah makan Geprek Express variabel bebas (independen). Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan dalam variabel penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada konsumen rumah makan Geprek Express di Kota Samarinda. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa Love Reputation, Preference dan Word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen rumah makan Geprek Express di Kota Samarinda.


Keywords


Love reputation; preference; word of mouth; loyalitas konsumen

References


Abdullah RB, Safie S. 2012. The Relationship Between Store Brand And Customer Loyality in Retailing in Malaysia. Journal of Management, Vol, No2, pp.176-178.

Ali, Hasan. 2010. “Pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian.” Raynald, Fakultas Ekonomi Manajemen S1. Universitas Maranatha Bandung.

Benazir, Kumala Oktaviantika. 2012. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta-Bali. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Christopher, Martin. 1996. From Brand to CustomerValue. Journal of Marketing Practice.Applied Marketing Science. Vol 2, No 1, p:55-66 MCB.University Press.

Deephouse, D. L. (2000). Media reputation as a strategic resource: Anintegration ofmasscommunication and resource-based theories.Journal of Management, 26(6), 1091*1 1 12.

Dharmawansyah, inggil. 2013. “Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembentukan Loyalitas Pelanggan 7-Eleven”. Jurnal Falkutas Ekonomi dan Bsnis Universitas Islam Negeri Syarif Jidayatullah, Jakarta.

Tjiptono Fandy, 2000, Manajemen Jasa, Andy Offset, Yogyakarta.

Farid Yuniar Nugroho. 2011, Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen. Yogyakarta Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Ferdinand, augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro, Semarang.

Kardes, FR. 2002. Consumer Behavior and Managerial Decision Making (2nd Edition). Prentice- Hall of India private Limited. New Delhi.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations dan Aplikasinya di Indonesia. Grafiti. Jakarta.

Media, Close Up. 2012. Brand Keys Customer Loyalty Engagement Index Recognizes Dunkin' Donuts as No. 1 in Customer Loyalty.Journals of Trade.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com