Pengaruh rasio keuangan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal

Vivi Christianti, Djoko Setyadi, Herry Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, rasio harga pendapatan, struktur aset, leverage operasi dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan real estate dan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2014. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pengambilan sampel sebanyak 11 perusahaan selama tiga tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, rasio pendapatan harga, struktur aset, leverage operasi dan pertumbuhan penjualan berdampak pada struktur modal. Secara parsial hanya struktur aset yang memengaruhi struktur modal, sementara profitabilitas, rasio perolehan harga, leverage operasi, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh pada struktur modal.


Keywords


Profitabilitas; rasio penghasilan harga; struktur aset; leverage operasi; pertumbuhan penjualan; struktur modal

References


Admaja, Lukas Setia. 2008. Manajemen Keuangan, Edisi Revisi. ANDI. Yogyakarta.

Brealey, Richard A., Stewart C. Myers dan Alan J. Marcus. 2008. Fundamentals Of Corporate Finance, 2nd. . Bob Sabran, (terjemahan). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga. Jakarta.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houston. 2010. Essential Of Financial Management, 1st, tenth .Ali Akbar Yulianto. (terjemahan). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku I. Salemba Empat. Jakarta.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houston. 2011. Essential Of Financial Management, 2nd, eleventh .Ali Akbar Yulianto. (terjemahan). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku II. Salemba Empat. Jakarta.

Halim, Abdul. 2007. Manajemen Keuangan Bisnis. Ghalia Indonesia. Bogor

Harahap, Sofyan Syafrie. 2006. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Harjito, D. Agus dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua. EKONISIA, Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Keenam. BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Hestuningrum, Ratri Dian. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pemanufakturan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia, Diponegoro Journal Accounting 1 (1) April: 1-12.

Priambodo, Taruna Johni. 2014. Pengaruh Struktur Aktiva, Tingkat Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal, Jurnal Administrasi Bisnis 9 (1) April: 1-9

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar: Analisis Data Dengan SPSS, Cetakan Pertama. Buku Seru, Jakarta.

Ridloah, Siti. 2010. Faktor PenentuStruktur Modal: Studi Empirik Pada Perusahaan Multifinansial, Jurnal Dinamika Manajemen 1 (2) Septemebr: 144-153.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. BPFE-Yogyakarta. Yoyakarta.

Romdhoni. 2014. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012. Skripsi. Universitas Muhammdiyah Ponorogo. Ponorogo.

Santika, Rista Bagus. 2011. Menentukan Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia, Dinamika Keuangan dan Perbankan 3 (2) Nopember: 172-182.

Sarasati, Gusti. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Price Earning Ratio, Struktur Aktiva, Operating Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Property Yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Widyaningrum, Yunita. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia perode 2010-2013). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama. EKONISIA. Yogyakarta.

Van Horne, James C. dan John M. Wachowicz, Jr. 2005. Fundamentals of Financial Managemen.,1st Edition Twelfth. Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary (terjemahan). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Weston, J.K.dan Thomas E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan, Edisi Revisi, Jilid 2. Binaputra Askara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i1.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com