Pengaruh motivasi dan kompetensi perawat terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien

Ahmad Hasan Hadi, Yonathan Pongtuluran, Irwan Gani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Perawat terhadap kinerja pelayanan dan kepuasan pasien pada layanan ruang perawatan RSUD I.A.Moeis Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi dengan menjelaskan variabel variabel dan menjelaskan obyek yang diteliti melalui data terkumpul. Motivasi kerja, kompetensi perawat Kinerja pelayanan perawat dan kepuasan pasien  RSUD I.A.Moeis menjadi fokus utama yang dibahas, Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 67 pasien yang telah mendapatkan perawatan di ruang perawatan RSUD I.A. Moeis Samarinda, teknik analisa yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS),Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan baik terhadap kualitas pelayanan maupun terhadap kepuasan pasien dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.


Keywords


Motivasi; kompetensi; kualitas dan kepuasan

References


Abdulaziz Alqusayer. (2016) Drivers of Hotel Employee Motivation, Satisfaction and Engagement in Riyadh, the Kingdom of Saudi Arabia, Riyadh . Thesis Rochester Institute of Technologi .

Ambar T., Sulistyani dan Rosidah. (2009) Manajemen Sumber Daya MAnusia, Yogyakarta. Graha Ilmu.

Brent Keijzers pada tahun 2010, Employee motivation Related to Employee Performance in the Organisation, Las vegas, Bachelor Thesis.

Gusti Ayu P. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah Bank PT.BPR Hoki di Kabupaten Tabanan, denpasar Jurnal Universitas Udayana.

Haryanti, K dan Hadi, S. 2010. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dan Nilai Konsumen dengan Kepuasan Konsumen. Semarang: Psikodimensia

Irwan Gani dan Siti Amalia (2015) Alat Analisis Data, Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial, Yogyakarta , Andi Offset

I Wayan Juniantara. ( 2015) Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar, Denpasar. Tesis Program Studi Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Udayana

Indrarini (2009). dengan Pengaruh Motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja Dosen Akademi Swasta di Semarang, Semarang. Tesis Program Studi Magister Keperawatan Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Kotler dan Armstrong.2006. Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas Jilid 1. Jakarta : Indeks.

Linda Meriana (2014). Analisa dampak kompetensi karyawan terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas produk dan kualitas layanan Hachi Hachi Bistro Surabaya, Surabaya. Tesis Program Studi Magister Keperawatan Pasca Sarjana Universitas Airlangga

Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10. Yogyakarta: Andi Offset

Maduretno Widowati Mohklas 2014. Model kepuasan pelanggan dan pengalaman kerja sebagai Variabel Moderating Pada Rumah Sakit Semarang, Semarang. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip.

Mathis, R.L and Jackson, J.H. 2006. Human Resources Management (manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Mula Joseph, Ainur Rofiq. 2010. “The Effect of Customers’ Trust on Ecommerce: A Survey of Indonesian Customer B to C Transactions”, Jakarta. Salemba Empat.

Munusamy Jayaraman, Shankar Chelliah and Hor Wai Mun. 2010. “Service Quality Delivery and Its Impact on Customer Satisfaction in the Banking Sector in Malaysia”. Kuala lumpur. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1, No. 4, October 2010.

Nur’aeni 2011, Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan komitmen terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta di kopertis wilayah II Palembang, Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.1 No.2 April 2011 : 101-129

Sugiyono , 2011. Statistik Untuk Penelitian, cetakan ke – 19 jakarta . Gramedia

---------------- 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung, Alfabeta

Susihar (2011). Pengaruh pelatihan caring terhadap motivasi perawat dan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Royal Progress Jakarta Tesis Program Studi Magister Keperawatan Pasca Sarjana Universitas Indonesia

Rima Rahmayanti (2015) Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Perawat Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja Perawat dalam mempersiapkan Asean economic Community (AFC) Pada Rumah Sakit Kota Bandung, Jakarta. Tesis Program Studi Magister Keperawatan Pasca Sarjana Universitas Indonesi

Rita Andini (2006). Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention, Semarang. Tesis Program Studi Magister Manajemen Pasca Sarjana Unnes

Robbins, S.P, dan Judge, T.A. 2009, Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour, Buku Terjemahan Jakarta: Gramedia

Sarwono, Jonathan dan Narimawati, Umi. 2015. Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square (PLS-SEM). Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

----------. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi.

Wike Diah Anjaryani (2009). Analisis Pengaruh Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang, Semarang. Tesis Program Studi Magister Keperawatan Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com