Pengaruh Keputusan Investasi Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016)

Novia Cahyanti Dewi, Djoko Setyad, Musdalifah Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan perusahaan manufaktur sebagai sampel. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dikumpulkan dari 10 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2016. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik: uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi dan keputusan pendanaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan



Keywords


Keputusan Investasi, Keputusan Pembiayaan dan Nilai Perusahaan

References


Achmad, S.L. 2014. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Afzal, A. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang .

Astuti, Dewi. 2006. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Brealey, Myers, dan Marcus. 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.

Brigham, E.F. dan Houston, J.F. 2006.Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Dini, Sophia Pilin. 2015. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Mulawarman Samarinda. Tidak dipublikasikan.

Euis, dan Taswan. 2002. Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Fama, E. F and K. R. Frech. 1998. Taxes, Financing Decision, and Firm Value. The Journal of Finance LIII (june 3): 819-843.

Fenandar, Gany Ibrahim. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang. Tidak dipublikasikan.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartono. 2003. Kebijakan Struktur Modal: Pengujian Trade Off Theory dan Pecking Order Theory. Perspektif, 8(2):249-257.

Hasnawati, S. 2005. Implikasi Keuangan Investasi, Pendanaan dan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. Usahawan: No. 09/Th XXXIX. September 2005: 33-41.

Horne dan Wachowicz Jr. 2012.Fundamentals of Financial Management. Jakarta.

Jansen, M. C. dan Meckling, W. H. 1976.Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics.Vol. 3.No. 4.

Jogiyanto, Hartono. 1999. An Agency Cost Explanation for Dividen Payments, working paper. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Kusumajaya, Oka, DK. 2011. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Thesis. Universitas Udayana. Bali.Tidak dipublikasikan.

Kusnaeni, Diyah. 2012. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Thesis.Magister Manajemen Universitas Indonesia Jakarta. Tidak dipublikasikan.

Martono dan Harjito, A. 2007. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Ekonisia. Jakarta .

Modigliani, F. dan Miller, M. 1984. Corporate Financing and Investment Decision when Firms have Information Investors do not have. Journal of Financial Economics, 13.p. 187-221.

Pakpahan, Rosma. 2010. Pengaruh Faktor-faktor Fundamental dan Kebijakan Dividen terhadap nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi (November): 211-227.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. BPFE. Yogyakarta.

Salvatore, Dominick. 2005. Manajerial Economic: Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Edisi 5. Salemba Empat. Jakarta.

Sarpi. 2009. Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007). Skripsi Mercu Buana. Jakarta. Tidak dipublikasikan.

Sujoko dan Subiantoro. 2007. Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Susanti, Eri Yuliana. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Struktur Modal Serta Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Property Real Estate dan Building Construction di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusTahun 2009-2011). Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda. Tidak dipublikasikan.

Sutrisno. 2005. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakarta.

Van, Horne. 2005. Manajemen KeuanganTeori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakatra.

Wahyudi, U., dan Pawestri, H. P. 2006. Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: dengan Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang.

Walsh, Ciaran. 2003. Key Management Ratios. Edisi Ketiga.Erlangga. Jakarta.

Wijaya, Lihan dan Bandi Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 13 Purwokerto.

Yunitasari, D. 2014. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Tingkat Suku Bunga terhadap Nilai Perusahaan pada sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com