Pengaruh profil risiko terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel mediator (studi pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012-2016)

Feni Setiasih, Ardi Paminto, Irsan Tricahyadinata

Abstract


Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham. Semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan, untuk mencapai nilai perusahaan umumnya para pemodal menyerahkan pengelolaannya kepada para professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profil risiko terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel mediator.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode penentuan sampel yang dilakukan dengan metode sampling jenuh, dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 14 sampel perusahaan makanan dan minuman periode 2012-2016. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (www. idx.co.id). Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu aplikasi PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil risiko berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen; (2) profil risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; (3) kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; (4) kebijakan dividen tidak mampu memediasi pengaruh profil risiko terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya profil risiko berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan Ini berarti risiko yang tinggi dapat memberikan nilai tambah kepada nilai perusahaannya. Disarankan pada penelitian berikutnya untuk menambah variabel mediator lainnya selain kebijakan dividen yang digunakan dalam penelitian ini.


Keywords


Profil risiko; nilai perusahaan; kebijakan dividen

References


Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Anggraini, Yemima. 2012. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Total Aset Turnover terhadap Price Earning Ratio. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Awat, Napa J. 1998. Manajemen Keuangan, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. BPFE. Yogyakarta.

Baron, R.M., dan D.A. Kenny. 1986. The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology51(6): 1173-1182.

Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houtson. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Salemba Empat. Jakarta.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2010. Dasar-dasar Manajemen keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Darmadji, Tjiptono dan Hendi, M, Fakhruddin, 2001. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab, Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Dermawan Sjahrial, M.M. 2006. “Pengantar Manajemen Keuangan”, Edisi 2. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Efni, Y., D.Hadiwidjojo., U.Salim., M.Rahayu. 2012. Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Properti dan real Estate di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.10.No.1 Maret 2012

Erlangga, Enggar. 2009. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR, Good Corporate Governance, dan Kebijakan Dividen sebagai Variabel

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi ke 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21, Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hamidy, Rahman Rusdi. 2014. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Udayana Denpasar. Bali.

Hanafi. 2004. Manajemen Keuangan. BPFE UGM. Yogyakarta.

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan, Edisi satu. Cetakan kedua. Bumi Aksara. Jakarta.

Hartoyo, Iin Hastuti. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Dividen Payout Ratio perusahaan Manufaktur di BEI 2005-2007, Tesis. Program Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasnawati, Sri. 2005. Implikasi Keputusan Investasi, Pendanaan, dan Dividen terhadap Nilai Perusahaan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Usahawan: No.09/TH XXXIX

Herawati, Titin. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Negeri Padang.

Jogiyanto, HM. 2009. Analisis dan Desain, Andi OFFSET. Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis: salah kaprah dan pengalaman-pengalaman, Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Keown et al. 2005. Manajemen Keuangan (prinsip-prinsip dan aplikasi), PT indeks kelompok Gramedia. Jakarta Barat

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating, Skripsi. Fakultas Ekonomi Diponegoro. Semarang.

Lestari, Anggraeni Ayu. 2009. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dividen payout Ratio Pada perusahaan yang sahamnya Aktif di Bursa Efek Indonesia, Universitas Gunadarma.

Mahendra, Alfredo DJ. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Tesis. Program Pasca Sarjana Manajemen. Universitas Udayana. Bali.

Mardiyanto, Handono. 2009. Intisari Manajemen Keuangan. Grasindo. Jakarta.

Murtini, Umi. 2008. Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal riset akuntansi.vol 4, no 1 februari 2008 hal 32-47.

Nurlela dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Peusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating, Simposium Nasional Akuntansi XI.

Pemoderasi, Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Perdana, Sukma. 2011. Pengaruh Kebijakan Utang Jangka Panjang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.

Prof. Dr. Sugiyono, 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D, cetakan ke-19. CV Alfabeta. Bandung.

Rahmawati, Siti Nur. 2008. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dividend payaout ratio (DPR) (Studi Empiris Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2000-2004)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar pembelanjaan Perusahaan, BPFE. Yogyakarta.

Saraswati, Wiksuana, Rahyuda. 2016. Pengaruh Risiko Bisnis, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas serta Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Sartono, R. A. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik pada perusahaan manufaktur dan non-manufaktur di Bursa Efek Jakarta), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, Maret, hlm. 41-48.

Sunariyah, 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Kelima. CV Alfabeta. Bandung.

Susanti, Rika. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Syamsudin, Lukman. 2001. Manajemen Keuangan Perusahaan (Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Walsh, Ciaran. 2003. Key Management:Rasio-Rasio Manajemen Penting Penggerak dan Pengendali Bisnis, Edisi Tiga. Penerjemah Shalahuddin Haikal. Erlangga. Jakarta.

Witjakson, Adi Nugroho. 2011. Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Assets, Earning Per Share, Dan Total Assets Turnover Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Semarang.

Weston, Fred. J dan Thomas, E Copeland. 1997. Manajemen Keuangan : Jilid 2. Binarupa Aksara. Jakarta.

www.sahamok.com, Diakses pada tanggal 30 April 2017

www.idx.co.id, Diakses pada tanggal 14 Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com