Pengaruh Peran Pengelola Keuangan dan Komitmen Organisasional Serta Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Pada Pemerintah Kota Samarinda)

Retno Wulandari, Djoko Setyadi, Musdalifah Aziz

Abstract


Di era otonomi, daerah diberi wewenang dan tanggung jawab besar untuk mengelola sumber daya keuangan untuk kesejahteraan rakyat di daerah. Desentralisasi administratif, dimaksudkan untuk mendistribusikan wewenang, tanggung jawab, dan pengelolaan sumber daya keuangan untuk menyediakan layanan publik. Delegasi tanggung jawab diharapkan bahwa pemerintah daerah dapat memainkan peran mereka dalam membuka peluang untuk mempromosikan daerah dengan mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan potensial dan menentukan pengeluaran daerah secara ekonomi, efisien, efektif, termasuk untuk meningkatkan kinerja dan bertanggung jawab kepada pusat. pemerintah dan kepada publik atau masyarakat. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa peran manajer manajemen keuangan lokal mempengaruhi kinerja (layanan publik), tetapi masih tidak menjelaskan apakah peran manajer keuangan daerah memiliki efek pada kinerja manajerial dalam organisasi pemerintah dengan menambahkan variabel komitmen organisasi dan pemanfaatan keuangan daerah. sistem informasi sebagai variabel independen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh peran manajemen keuangan dan komitmen organisasi dan pemanfaatan sistem informasi keuangan daerah terhadap kinerja manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kota Samarinda. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam manajemen keuangan lokal dan komitmen organisasi dan pemanfaatan sistem informasi keuangan daerah. Pengumpulan data menggunakan pengumpulan data primer, yaitu kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tiga dan empat pegawai eselon yang bekerja di Pemerintah Kota Samarinda. Metode untuk menganalisis data menggunakan regresi berganda. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran manajer keuangan berpengaruh terhadap kinerja manajerial dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial dan pemanfaatan sistem informasi keuangan lokal berpengaruh terhadap kinerja manajerial



Keywords


Peran Manajer Keuangan, Komitmen Organisasi, dan Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah dan Kinerja Manajerial

References


Amins, Achmad. 2012. Manajemen Kinerja Pemerintah Daerah, LaksBang PRESSindo. Yogyakarta.

Anggraeni, Rafika. 2009. Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja SKPD Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Agusti, Restu. 2012. Pengaruh pasrtisipasi anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah dengan dimoderasi oleh variabel desentalisasi dan budaya organisasi (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (Jurnal). Universitas Riau

Arfan, Muhammad. 2014. Pengaruh Komitmmen Organisasional dan Peran Manajer Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah, (Skripsi). Universitas Hasanuddin .

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Publik Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Simboso Rekatama Media, Bandung.

Azizah, Nurul. 2012. Pengaruh Komitmen Organisasional, Peran Manajer, Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Manajerial. Universitas Muhammadiyah Suryakarta.

Baihaqi, 2012. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Peran Manajerial Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat daerah. Jurnal Fairness Vol 1 No 3. Univesitas Bengkulu.

Friyanti, Ita. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial Aparat Pemerintahan (Studi Kasus Pemerintah Daerah Indramayu). Jurnal Tekun/Volume Vii, No.01. Universitas Mercu Buana

Hartono. 2011. Metode penelitian bisnis. Salah Kaprah dan Pengalaman pengalaman, edisi 6. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto, 2009. Sistem Teknohlogi Informasi. CV Andi Offset. Yogyakarta

Kadir. Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan, edisi Kedua. Prenandamedia Group. Jakarta

Lumintang, Natalia Deisi. 2015. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Pada Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah Kota Manado (Skripsi). Universitas Politeknik Negeri Manado.

Mahmudi. 2010. Manajemen Keuangan Daerah. Erlangga. Jakarta.

Mardiasmo. 2004. Otonomi dan MAnajemen Keuangan Daerah. Andi. Yogyakarta.

Mswibowo, 2016, Masyarakat Minta Pemkot Samarinda Terbuka dan Transparan. www. KoranKaltim.com. Diakses pada tanggal 3 Januari 2017.

Nugraha dan Astuti. 2015. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Pengelolalan Data Keuagan Pada Organisasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ganjuk). Jurnal Akuntansi actual, Vol 2, Nomor 1. Jauari 2013, Hlm 25-33.

Putri, Natalia Dewinda (2010). Pengaruh Komitmmen Organisasional dan Peran Manajer Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah, (Skripsi). Universitas Diponogoro.

Praja, Noval Hadi. 2015. Pengaruh Komitmen Oraganisasi, Sitem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peran Manjer Pengelola Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Manajerial Satuan Kerja Perangkat Daerah. Jurnal Fekon Vol. 2 oktober 2015

Putri, Gusti Yolanda. 2013. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terhadap Kinerja Manajerial SKPD (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat daerah Kota Padang). Junral Akuntansi. Univesitas Negeri Padang

Rosmarini, Tri. 2016. Pengaruh Pengawan Intern, Sistem Anggran Berbasis kinerja Dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Kinerka asatuan Kerja Peragkat Daerah (Studi empiris pada SKPD KAbupaten Rokan Hulu). JOM Fekon Vol. 3 No. 1. Universitas Riau.

Republik Indonesia, 2006. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).

Sumarsono. Sonny. 2010. Manajemen Keuanga Pemerinthaan. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Septrya, Nana. 2010. Pengaruh Peran Manajer Dalam Penganggaran dan Pemanfaatan Sitem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja SKPD (Studi Empiris pada SKPD Kota Padang). Universitas Negeri Padang

Sudaryanti, Dwi. 2013. Pengaruh Penggran Terhadap Kinerja Aparat Pemda Melalui Sistem informasi Keuang Daerah (Studi KAsus: Pemda Kab Kudus). Jurnal Ekonomi dan Bisinis. Volume 12. Nomor 01. Universitas Yogyakarta

Sunyoto, Dadang. 2013. Metode Penelitian Akuntansi, cetakan pertama.

PT Refika Aditama. Bandung.

Sugiono, 2014. Statistika untuk penelitian, Afabeta, Bandung.

_______, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

_______, 2012. Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

Santosa, P. R. dab Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarata: Andi.

Sutanta, Edhy. 2003. Sistem Informasi Manajamen. Andi. Yogyakarta.

Tuasikal, A. 2007. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (Studi pada Kabupaten Maluku Tengah di Provinsi Maluku). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Sektor Publik, Vol. 08, No. 01, pp.1466-148

Utama, Eka Yudha. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Komitmen Organisasi dan Prespsi Ondovasi Sebagai Variable Intevening, (Skripsi). Universitas Diponogoro.

Widjaja. 2001. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yuliani, Nur laila. 2014. Pengaruh Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah dan Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap KInerja Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntasi. Universitas muhammadiya magelang.

Rosmarini, Tri. 2016. Pengaruh Pengawan Intern, Sistem Anggaran Berbasis kinerja Dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Kinerja Satuan Kerja Peragkat Daerah (Studi empiris pada SKPD Kabupaten Rokan Hulu). JOM Fekon Vol. 3 No. 1. Universitas Riau.

Rohman, A. 2009. Pengaruh Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah Dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Survei Pada Pemda Kota, Kabupaten, dan Provinsi di Jawa Tengah. Jurnal MAKSI, Vol. 7, No. 2, pp. 206-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

.