Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo F3 di Samarinda

Citra Wulandari, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador yang terdiri dari varibel daya tarik, kredibilitas, dan keahlian secara parsial terhadap keputusan pembelian. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik sampling incidental. Sampel yang digunakan ialah konsumen smartphone Oppo F3 di Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 75 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador yang terdiri dari daya tarik, kredibilitas, dan keahlian secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo F3 di Samarinda



Keywords


Brand Ambassador, Daya Tarik, Kredibilitas, Keahlian, dan Keputusan Pembelian

References


Amirullah dan Haris Budiyono, 2012. Pengantar Manajemen, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Craven, David, W. 2004. Strategic Marketing, Sevent Edition, Boston: Irvin McGraw-Hill.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Frans M, Royan. 2004. Marketing Selebrities “Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri”, Media komputindo, Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2005. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta.

Indrayani, Ni Wayan dan Suwendra. 2015. Pengaruh Kredibilitas, Daya Tarik, Keahlian Bintang Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio-GT.

Kotler, Phillip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas, jilid 1. Alih Bahasa: Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas, jilid 2. Penerbit Indeks, Jakarta.

Noviandra, Mahestu. 2006. Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar.

Oktafiani, Restu dan Silaningsih. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL di Kota Bogor.

Sabri, Ikrima. 2015. Pengaruh Daya Tarik Kredibilitas dan Keahlian Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario.

Sapitri, Dwi dan Restuti. 2010. Pengaruh Celebrity Endorser Dian Sastrowardoyo Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo L’Oreal.

Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen “Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”, Kencana, Jakarta.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Shimp, Terence A. 2004. Periklanan dan Promosi: aspek tambahan komunikasi terpadu -Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Soemanegara. 2006. Strategic Marketing Communication, Alfabeta, Bandung.

Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Susatyo dan Rumambi. 2013. Analisa Credibility Celebtity Endorser Model, Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Top Coffee. Jurnal Manajemen Vol. 1 No. 2 hal. 1-12.

Schiffman, L. Dan Kanuk, L.L. 2004. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, PT Indeks, Jakarta.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Alfabeta, Bandung.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran, Edisi Keduan Cetakan Ketiga, Andi Offsert, Yogyakarta.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com