Pengaruh penempatan kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan

Irma Damayanti, Sukisno S. Riadi, Dirga Lestari AS

Abstract


Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja karyawan. setiap organisasi selalu berupaya untuk memperoleh sumber daya manusia yang bisa membantu dalam usaha mencapai tujuan organisasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penempatan kerja dan pengembangan karir berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dari PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 65 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dan hipotesis menunjukkan bahwa penempatan kerja dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan



Keywords


penempatan kerja, pengembangan karir

References


Akbar, Raja Bahrial. 2010. Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Karir dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ardana, dkk. 2012, P.82. Pengaruh Penempatan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. E-jurnal manajemen Universitas Udayana, Vol.3 No.7, July 2014.

Artina, Nyimas. 2013. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformal, Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Multi Data Palembang Information Technology Super Strore. Jurnal Ilmiah Vol.3 No.4 STIE MDP.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Baroroh. 2012. Pengaruh Penempatan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. E-jurnal manajemen Universitas Udayana, Vol.3 No.7, July 2014.

Bernadin dan Russell. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Bambang Sukoco, Amico, Bandung.

Bianca et al. 2013. Pengaruh Perkembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Motivasi Kerja pada Karya Mas Art Gallery.

E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5 No.9, 2016:5494-5523

Dwivedi, R.S. 2009. A Textbook of Human Resource Management. Vikas Publishing House, New Dehli.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disetasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. Badan Penerbit: Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Penerbit:Universitas Diponegoro, Semarang.

Hall and Las Heras. 2012. Career Development: A Human Resource Development. Routledge. New York.

Kaswan. 2014. Career Development (Pengembangan karir untuk mencapai kesuksesan dan kepuasan). Alfabeta, Bandung.

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku SPSS “Analisis Statistik Dengan Microsoft Excell & SPSS”. Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Rivai, Viethzal & Sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Setiaji. 2008. Cara Mudah Analisis Kuantitatif Dioengkapi Dengan Tutorial SPSS. Surakarta: Al-Es’af University Press.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2009. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama Kencana. Jakarta.

Siswanto, B. 2009. Manajemen Tenaga Kerja. Edisi Revisi. Bandung: Sinar Baru.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Cetakan Kedua. Yogyakarta: CAPS.

Sunyoto. 2012:164. Teori-teori Manajemen dan Organisasi. http://theorymanajemendanorganisasi.blogspot.co.id/2015/12/pengembangan-karier.html, diakses tanggal 11 Desember 2015.

Sudiartha, Ketut R. 2011. Kinerja Karyawan Hotel Dalam Presektif Global. Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.

Sugiyono, 2013. Statistik untuk penelitian. Edisi Kedua, Alfabeta, Bandung.

Wahyudi, Bambang. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Sulita

Widiantara. 2012. Pengaruh Penempatan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. E-jurnal manajemen Universitas Udayana, Vol.3 No.7, July 2014.

Wiyani, Ersani Aditya. 2015. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Pengembangan Karir dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan. http://eprints.undip.ac.id/46526/1/11-wiyani.pdf.

Yani. 2012:74. Pengaruh Seleksi dan Penempatan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Medan, Skripsi,Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com