Pengaruh Peringatan Kesehatan Pada Iklan dan Kemasan Rokok Serta Risiko yang Dipersepsikan Terhadap Minat Beli Konsumen Rokok U-Mild di Samarinda

Ahmad Abdurrohman, Syarifah Hudayah, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana dampak Peringatan Kesehatan Terhadap Iklan Rokok dan Peringatan Kesehatan Pada Paket Rokok, bersama Risiko Persepsi Terhadap Minat Membeli Konsumen Rokok U-Mild di Samarinda. Penelitian dilakukan di Kota Samarinda, dan responden sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan dibagikan kepada 60 responden. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Dari tabulasi data kuesioner, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh peringatan kesehatan terhadap iklan rokok U-Mild dan peringatan kesehatan pada kemasan rokok U-Mild memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli konsumen rokok U-Mild di Kota Samarinda. Sedangkan untuk variabel pengaruh risiko yang dirasakan memiliki pengaruh positif dan signifikan, hasilnya tidak relevan dengan hipotesis yang telah dibuat. Berdasarkan nilai koefisien hasil penelitian, bahwa ketiga variabel bebas dalam penelitian ini mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 62,20%.



Keywords


Peringatan Kesehatan Mengenai Iklan Rokok, Peringatan Kesehatan Paket Rokok, Risiko Persepsi, Pembelian Bunga

References


Alaouie, Hala, dkk. 2013. Effectiveness of Pictorial Warning On Cigarette Packs Among Lebanese School and University Students.

Asngad, Muhammad. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Peringatan Bahaya Merokok Pada Setiap Kemasan Rokok. Skripsi. IAIN Purwokerto: tidak dipublikasikan

Dewa, Ndaru Kusuma. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Star One di Area Jakarta Pusat). Skripsi. Jakarta: tidak dipublikasikan.

Durianto. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Fatmawati, Asngadah Zainul. 2014. Pengaruh Terpaan Peringatan Pesan pada Iklan Rokok terhadap Sikap untuk Berhenti Merokok pada Remaja. Skripsi. Undip: Semarang: tidak dipublikasikan.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Grafiyana, Gisella Arnis. 2015. Pengaruh Persepsi Label Peringatan Bergambar Pada Kemasan Rokok Terhadap Minat Merokok Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Skripsi Pada Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: tidak dipublikasikan.

Hair, et al. 2006. Multivariate Data Analysis 6th Ed. Pearson Education. New Jersey.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. BPFE Yogyakarta, Edisi Keenam, Yogyakarta.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2008. Principles of Marketing (12 edn). Pearson Education, Inc. Ney Jersey.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Pearson Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Lee, Monle dan Carla Watson. 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global (Haris Munandar, Dudi Priatna. Terjemahan). Kencana. Jakarta.

Mahmudin. 2014. Persepsi Perokok Aktif Dalam Menanggapi Label Peringatan Bahaya Merokok (Studi Deskriptif Kualitatif pada Masyarakat Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: tidak dipublikasikan.

Morrisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media.

Mulyono, Ronald. 2015. Pengaruh Perceived Risk, Kepuasan Konsumen Terhadap Intention to Revisit dan Purchase Intent Pada Konsumen Kaskus Website di Surabaya. Surabaya.

Nugroho, Farid Yuniar. 2011. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen, Skripsi pada Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta: tidak dipublikasikan.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran 2 (9th ed). Salemba Empat. Jakarta.

Pratiwi, Yekti. 2013. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Day Cream Berbahan Baku Rumput Laut, Skripsi Pada Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor: tidak dipublikasikan.

Pribadi, Jeliteng. 2013. Pengaruh Iklan Risiko Merokok Terhadap Sikap, Persepsi Nilai dan Minat Membeli Konsumen Rokok di Banda Aceh, Jurnal Vol. 2 No. 1 p. 39-48.

Rahman, Mohammad Rio Noor. 2015. Pengaruh Cover DVD Bajakan Terhadap Keputusan Pembelian (Survey di Max Studio Jl. Babarsari No. 43 Yogyakarta). Yogyakarta.

Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset Dengan Pendekatan Kualitatif. Program Pasca Sarjana USM. Surakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineke Cipta. Jakarta.

Yovina, Fenny. 2015. Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Keterlibatan, Loyalitas, Familiaritas, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Produk Private Label Pada Konsumen Carrefour Kiara Condong Bandung, Skripsi, Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Bandung: tidak dipublikasikan

Sumber Lain:

http://www.duniaindustri.com (diakses tanggal 5 Oktober 2016)

http://www.informasikesehatan.tribunnews.com (diakses tanggal 29 Desember 2016)

http://www.liputan6.com (diakses tanggal 29 Desember 2016)

http://www.tribunnews.com (diakses tanggal 29 Desember 2016)

http://www.wikipediaindonesia.com (diakses tanggal 29 Desember 2016)




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com