Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian smartphone iphone di kota samarinda

Asri Ayu, J. Kuleh, Asnawati Asnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis Pengaruh Brad Image, Kualitas Produk dan World Of Mouth pada Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Samarinda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone secara negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Samarinda.





Keywords


Citra Merek, Kualitas Produk, World Of Mouth, Keputusan Pembelian

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free Press.

Adil, Malikul. 2012. The Influence of Brand Image on Sales. Journal of Basic and Applied Scientific Research. (di unduh dari www.textroad.com, pada tanggal 13 September 2013).

Alvian B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Assauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Banks, M.J., & Fidoten, R.E. 2008. Mobile Computing. Dalam A.E. Grant, & J.H. Meadows, Communication Technology Update and Fundamentals (hal.280). Burlington: Focal Press.

Barber, Peggy., Wallace, Linda. (2009). Building a Buzz; Libraries & Word of Mouth Marketing . USA; American Library Association.

Beniger, J. 1986. The Control Revolution. Dalam A.E.Grant, & J.H. Meadows, Communication Technology Update and Fundamental 11th Edition (hal.1). Cambridge, MA: Harvard University Press.

Brown, D. 2004. Technical Foundations of Modern Communication. Dalam M.M.Mirabito, & B.L. Morgenstern, The New Communication Technology (hal.18). Burlington: Focal Press.

Bungin, M. Burhan. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif; Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diana Sari. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung : PT Refika Adimata.

East, Robert., (2007). Reseaching Word of Mouth. Australian Journal Marketing.

Evelina, Nela. Handoyo DW, dan Sari Listyorini. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promoi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal. 1-11.

Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fifyanita Ghanimata, Mustafa Kamal, 2012, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurnal Managemen Diponegoro Vol 1, Nomor 2.

FORTUNE Magazine. 2009. Fortune Magazine.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS: Cetakan ke-IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grant, A.E. 2008. The Mobile Revolution. Dalam A.E. Grant, & J.H. Meadow, Communication Technology Update and Fundamentals (hal. 344). Burlington: Focal Press.

Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J. (2006). Business, 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Hadi, S. 2004. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Pustaka Offset.

Haykin, S. 1983. Communication System. New York: John Wiley & Sons.

Irma Laksmisari, manajemen pemasaran tahun 2003 dari Universitas Indonesia, dalam judul penelitian Thesis Hubungan antara Word Of Mouth Communication dengan iklan terhadap keputusan membeli konsumen Kasus: Produk Pelangsing Tubuh.

Kawee Boonlertvanich. (2009). Journal Consumer Buying and Decision Making Behaviour of a Digital Camera in Thailand. RU. Int vol. 3(1).

Keller. (1993). How to manage brand equty. Jakarta: gramedia pustaka.

Kotler, Philip & Keller. (2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.

Pramono, Sandhy Nor., Andy Kridasusila. September 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Kasus di Kelurahan Gajahmungkur Semarang). Jurnal USM. Dinamika Manajemen. Vol. 1, No.4, Halaman 1-18. From http://journal.usm.ac.id/jurnal/dinamika-manajemen/239/detail/, diakses, 10 September 2015.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Pratama A. (2006),Pengaruh Komunikasi Word of Mouth melalui Reference Group terhadap Keputusan Pembelian di All About Strawberry Bandung. Politeknik Negeri Bandung. Tidak Diterbitkan.

Rosen, Emanuel., (2002). The Anatomy of Buzz: How Creating Word of mouth Marketing. New York; Currency.

Rosen, Emanuel., (2002). The Anatomy of Buzz: How Creating Word of mouth Marketing. New York; Currency.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. (2010). Principles of Marketing 12th Edition Prentice Hall International Inc., New Jersey.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. (2010). Principles of Marketing 12th Edition Prentice Hall International Inc., New Jersey.

Sernovitz, Andy. (2009). Word of mouth Marketing. New York: Kaplan Inc.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Shimp, Terence A. (2004). Periklanan dan Promosi Aspek tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 2 edisi 5 Alih Bahasa oleh Revyani Sjahrial dan Dyan Anikasari. Jakarta; Erlangga.

Sirverman, George. (2009). The Secrets of Word of Mouth Marketing. How Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. USA: American Library Association.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sutisna dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.

Telly Lyoita, Dyah Budiastuti, Ir., MM. 2013. Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak pada Loyalitas Konsumen pada PT. Telkom Jakarta Selatan (Produk Speddy).

Tjiptono, Fandy, 1997. Prinsip Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Andi Offset, Yogyakarta.

www.WOMMA.org diakses pada tanggal 3 Agustus 2015 jam 10.45.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

.