Pengaruh struktur kepemilikan saham terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr)

Rena Asyirin, Ardi Paminto, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan saham terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menggunakan pendekatan model regresi linier berganda. Struktur kepemilikan yang diteliti adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing. Penelitian ini menggunakan Corporate Social Responsibility Index (CSRI) sebagai ukuran pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan data deret waktu 2011-2014 untuk data laporan tahunan perusahaan yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 26 perusahaan sebagai sampel, yang memenuhi kriteria dan menghasilkan 104 persepsi untuk periode 4 tahun. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Sementara itu, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak memberikan pengaruh signifikan dalam Corporate Social Responsibility


References


Adnantara, Komang Fridagustina. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan, Jurnal Buletin Studi Ekonomi 18 (2), Agustus.

Ahmad, N.N.N., dan Sulaiman, M. 2004. Environmental Disclosures in Malaysian Annual Reports: A Legitimacy Theory Perspective. International Journal of Commerce and Management 14 (44).

Amran, Azlan dan Susela Devi. 2008. The Impact of Goverment and Foreign Affiliate Influence on Corporate Social Reporting in Malaysia. Accounting, Auditing and Accountibility Journal 23 (4) : 386-404.

Anggono, Ricky Ivan dan Jesica Handoko. 2009. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal akuntansi kontemporer 1 (2), Juli.

Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2009. SPSS. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip: Semarang.

Haniffa, R.M., dan T.E. Cooke. 2005. The Impact of Culture and Governance on

Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy. 24: 391

Imanta, Dea. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepemilikan Managerial. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. 13 (1) April: 67-80.

Jensen, M.C and W.H. Meckling. 1976. The Theory of The Firm: Manajerial Behavior, Agency Cost, and Ownership Structure, Journal Of Financial and Economics 3 (4) Desember: 305-360.

Machmud, Novita dan Chaerul D. Djakman. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSRDisclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan: Studi Empiris padaPerusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006”. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi XII. Pontianak.

Mahatma, Angling. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan di Indonesia. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi. Universitas Dipenogoro.

Mahdiyah, Fathimatul. 2008. ―Ananlisis karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan‖. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Diponegoro.

Puspitasari, Apriani Daning. 2009. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Laporan Tahunan Perusahaan Di Indonesia. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Diponegoro

Rawi, 2008. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Institusi, dan Leverage terhadap

Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang Listing

di Bursa Efek Indonesia. Thesis.Universitas Diponegoro

Rosmasita, H. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial (Socia Disclosure) Dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi Program S1 Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia (tidak dipublikasikan).

Said, Roshima, Yuserrie Hj. Zainuddin, dan Hasnah Haron. 2009. The Relationship between Corporate Social Responsibility and Corporate Governance Characteristic in Malaysian Public Listed Companies. Social Responsibility Journal. 5 (2).

Safrilia, Meutia dan Yulia Saftiana. 2012. Pengaruh Kepemilikan Saham Pemerintah dan Profitabilitas terhadap PengungkapanCorporate Social Responsibility (CSR). JENIUS 2 (2).

Sembiring, E, R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 8. Universitas Negeri Sebelas Maret. Solo.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung.

Suharto, E. 2008. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: What is the benefit for Corporate? Jakarta.

Susanti, Rina. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 3 (1).

Tamba, Erida G. 2011. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Terhadap

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada

Perusahaan Manufacturing Secondary ectors Yang Listing Di BEI Tahun

. Thesis.Universitas Diponegoro

Undang-undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007 Pasal 74, Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Untung, Budi. 2008. Corporate Social Responsibility, Cetakan Pertama. Sinar Grafika. Yokyakarta.

Yuliana, Rita. 2008. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR dan Dampaknya Terhadap Reaksi Investor, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 5 (2), Desember.

http://www.sahamok.com/perusahaan-manufaktur-di-bei/manufaktur-2015/, diakses bulan mei 2016.

http://www.idx.co.id/idid/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx, diakses bulan mei 2016.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com