Pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek dan niat beli konsumen laptop asus

Maharani Eka Putri, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Ekuitas Merek berpengaruh terhadap Preferensi Merek dan Niat Beli pada konsumen laptop Asus di Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada konsumen laptop Asus di Samarinda yang terdiri dari 60 konsumen yang telah memenuhi kriteria untuk dijadikan responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh langsung variabel ekuitas merek terhadap variabel niat beli dan pengaruh tidak langsung variabel ekuitas merek terhadap variabel niat beli melalui variabel preferensi merek. Hasil penelitian juga menunjukka bahwa secara parsial ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi merek, ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli serta ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli melalui preferensi merek


Keywords


Ekuitas Merek, Preferensi Merek, Niat Beli

References


Ardhanari, M. 2008. Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference dan Repuchase Intention Private Brand.Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8 (2), pp: 58-69.

Akhtar, Quratul Ain, Umer Iqbal Siddiqi, Amna Ashrat, dan Muniba Latif. 2016. Impact of a Brand Equity on Consumen Purchase Decision in Loreal Skincare Products. International Review of Management and Business Research. Vol.5. Isuue.3.

Ayanwale, Adeolu B., Alimi, T., and Ayanbimipe, Matthew A. 2005. The Influence of Advertising on Consumer Brand Preference. Journal of Social Science, 10 (1), pp: 9-16.

Bensley, R. J dan J. B. Fisher, 2003. Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat, Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Chen, Ching-Fu. and Chang, Yu-Ying. 2008. Airline Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intention: The Moderating Effects of Switching Costs. Journal of Air Transport Management, 14, pp: 40-42.

Danibrata, A. 2011. Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Brand Equity Pada Sebuah Bank Pemerintah di Jakarta. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13 (1), pp: 21-38.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Tony S. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Hellier, Phillip K., Geursen, Gus M., Carr, Rodney A., and Rickard, John A. 2003. Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37(11), pp: 1762-1800..

http://selular.id/device/2017/03/asus-klaim-kuasai-517-persen-pasar-notebook-di-indonesia/ (diakses pada tanggal 25 januari 2017)

Jalilvand, Mohammad R., Samiei, N., and Mahdavinia, Seyed H. 2011. The Effect of Brand Equity Components on Purchase Intention: An Application of Aakers Model in The Automobile Industry. International Business and Management, 2(2), pp: 149-158.

Kotler, Philip and Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Ketiga belas. Jakarta: Indeks.

Lin, Long-Yi and Lu, Ching-Yuh. 2010. The Influence of Corporate Image, Relationship Marketing, and Trust on Purchase Intention: The Moderating Effects of Word-of-Mouth. Tourism Review, 65(3), pp: 1634.

Lou dan Lee (2009).Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol X (nomer 1), p 49-p54 Prah bawe dasattya, I Gusti Ayu Putri., dan Yasa, Ni Nyoman Kerti.Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Preferensi Merek dan Niat Beli Konsumen Pada Produk Iphone di Kota Denpasar.Jurnal Manajemen Pemasaran.

Muhidin, Sambas Ali dan Abdurahman, Maman. 2007. Analisa Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian. (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung : Pustaka Setia

Prasad, K. and Dev, Chekitan S. 2000. Managing Hotel Brand Equity: A Customer Centric Framework for Assessing Performance, Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly , Cornell University. Diunduh tanggal 21, bulan Maret, tahun 2017.

Ranjbarian, B., Abdollahi, Seyedeh M., and Khorsandnejad, A. 2011. The Impact of Brand Equity on Advertising Effectiveness ( Samsung and Snowa Brand Names as A Case Study). Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(5), pp: 229-238.

Rofiq, A., Suryadi, N., dan Faidah, Nita N. 2009. Perana Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler. The 3rd National Conference on Management Research. Diunduh tanggal 21, bulan Maret, tahun 2017.

Rosalina.2009. Pengaruh Pengetahuan Produkdan Citra MerekTerhadap Pembelian Produk.Jurnal Bisnis & Manajemen, 10 (2), pp: 200-215. Diunduh tanggal 21, bulan Maret, tahun 2017.

Sanduan, S. 2003. Perilaku Konsumen dan Perilaku Pembelian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

.