Pengaruh orientasi kapabilitas supervisor terhadap kinerja agen dengan dedikasi kerja sebagai variabel mediasi

Eka Kujayanti, Robiansyah Robiansyah, Syaharuddin Y Syaharuddin Y

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penguasaan kemampuan orientasi dalam meningkatkan kinerja agen dengan dedikasi pekerjaan sebagai variabel mediasi (studi asuransi PT Jiwasraya Samarinda Branch). Sampel penelitian ini adalah 57 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Pengawas kemampuan orientasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja agen, 2) Kemampuan supervisor orientasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap dedikasi kerja, 3) Dedikasi kerja memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap Kinerja Agen

Keywords


Supervisor of orientation capability; job dedication; agent performance

References


Abdilah, Willy dan Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Andi.Yogyakarta

Abdullah, Muhammad. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawa. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Achmadi. 2003. Orientasi Pengawasan Terhadap Tenaga Penjualan Untuk Mencapai Efektifitas Perusahaan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 2, No. 1, hal. 19-32

Afiq, Muhammad. 2012. Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir dan Prestasi Kerja Karyawan Bagian Kredit Lini. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1, No. 1, hal. 63-77

Fauziah, Lia. 2013. Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Nadira Prima Semarang. Jurnal

Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Structural Equation Modeling: Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Undip. Semarang.

Handoko. T Hanani. 1984. Manajemen. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Jaya, Eka Gorby Setia. 2015. Pengaruh Promosi Jabatan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Agen. Skripsi.

Kharis, Indra. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 3, No. 1, hal. 1-9

Kohli, Ajay, K. dkk. 1998. Learning and Performance Orientation of Salespeople: The Role Of Supervisor. Journal Marketing. Vol. 35, No. 2, hal. 263-274

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung

. 2010. Evaluasi Kerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

Meutia. dkk. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi dengan Motivasi Sebagai Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Manajemen. Vo. 20, No. 03, hal. 353-369

Munparidi. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis. Edisi ke-7, hal. 47-54

Mursid, Ali. 2008. Orientasi Pengawasan Supervisor Terhadap Orientasi Kinerja Tenaga Penjual. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol. 3, hal. 107-115

Mutmainah, Hestin. 2013. Pengaruh kompensasi , Pelatihan, dan Peran Supervisor Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja pada Karyawan Paguyuban Batik Laweyan Surakarta. Jurnal Graduasi. Vol. 29, hal. 1-20

Robbins, Stepen. 2007. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Robbins, S., & Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour. Buku Terjemahan. Gramedia. Jakarta.

Salmah. 2012. Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Kompetensi Karyawan pada PT. Muba Electric Power Sekayu. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntasi.

Schaufeli, W.B Bakker and Salanova M. 2002. The Measurement of Work Engagement with a Short Questionnary : a cross national study. Educational and Psychological Measurment

Scotter, James R. Van dan Motowidlo, Stephan J. 1996. Interpersonal Facilitation and Job Dedication as Separate Facets of Contextual Performance. Journal of Apllied Psychology

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV. Mandar Maju. Bandung.

Siagian,Sondang P. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bina Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Suwatno. Priansa. 2011. Manajemen SDM. Alfabeta. Bandung.

Terho, Harri. dkk. 2013. Salesperson Goal Orientation and The Selling Performance Relationship: The Critical Role of Mediation and Moderating. Journal Bussinis Market Managemen. Vol. 2, hal. 70-90

Wibowo, (2010). Manajemen Kinerja. Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No. 1, hal. 31-39.

Widodo, S. (2011). Mindset Sukses Agen Asuransi. cara cerdas Sukses, Kaya, dan Terpuji. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wijonarko,R Widi Nugroho. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Agen. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Willy Abdillah, M. P. (2015). Partial Least Square (PLS). Andi Jogyakarta. Jogyakarta.

Winardi. 2001. Motivasi & Pemotivasian Dalam Manajemen. PT.Rajagrafindo Persada. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com