Pengaruh Adventure Shopping, Value Shopping, dan Idea Shopping Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Online Shop Instagram di Samarinda

Niken Fortuna Nila Kartika, Suharno Suharno, Herning Indriastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adventure shopping, value shopping, dan idea shopping terhadap impuls beli pada konsumen online shop di Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah adventure shopping, value shopping, dan idea shopping. Variabel dependen adalah pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan pada toko online konsumen di Samarinda yang terdiri dari 110 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja petualangan, belanja nilai, dan belanja ide berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.



Keywords


Belanja Petualangan, Belanja Nilai, Belanja Ide, dan Pembelian Impuls

References


Andromeda, Kevin. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keragaman Produk Pakaian Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Fakultan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol.1, No.1, (2014) 1-10.

Ardyanto, Denni., dkk. 2015. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-commorce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang. Vol.22, No.1, (2015) 1-15.

Dewi, Putri Dina Purnama. 2015. Analisis Pengaruh Dimensi Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Konsumen Online Store di Instagram. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom. Vol.1, No.2, (2015) 1-6.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/15/2016-sebanyak-86-juta-orang-melakukan-transaksi-online, diakses tanggal 6 juni 2017 pukul 11.46

Japriyanto, Edwin dan Sugiharto, Sugiyono. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.6, No.1 (2011) 32-41.

Kosyu, Dayang Asning, dkk. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang. Vol.8, No.2 (2014) 1-9.

Kurnia, Ridwan. 2015. Pengaruh Sosial Media Terhadap Bisnis E-commerce di Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana. Vol.11, No.1 (2015) 1-12.

Laksana, Kadek Andika Prawira dan Suparna, Gede. 2015. Peran Motivasi Hedonis Memediasi Pengaruh Sifat Materialisme Terhadap Perilaku Impulse Secara Online. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udayana, Bali. Vol.4, No.6 (2015) 1661-1675.

Madiati, Lina. 2015. Pengaruh Hedonic Shopping Motivations Terhadap Impulse Buying Behavior (Penelitian Pada Yogya dan Ramayana Departement Store Garut). Fakultas Ekonomi Universitas Garut, Garut. Vol.13, No.3 (2015) 1-8.

Maulana, Shabur Miftah., dkk. 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Fakultas Ilmu Administasi Universitas Brawijaya, Malang. Vol.29, No.2 (2015) 1-9.

Mujiyana dan Elissa, Ingge. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Vol.8, No.3 (2013) 143-152.

Nasir, Moech. 2014. Studi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Aqua di Kota Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol.12, No.1 (2014) 1-7.

Paramita, Niza. 2015. Pengaruh Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya. Vol.4, No.1 (2015) 1-17.

Paramitha, dkk. 2014. Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.8, No.2 (2014) 1-7.

Pasaribu, Lia Octaria dan Dewi, Citra Kusuma. 2015. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online: Studi Kasus Pada Toko Online Zalora. Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Bandung. Vol.19, No.2 (2015) 159-169.

Puspita, Eldora Maulidya dan Budiarti, Anindhyta. 2016. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Emosi Positif Pelanggan Vans Store Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA), Surabaya. Vol.5, No.5 (2016) 1-6.

Saputri, Marheni Eka. 2015. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. Vol.15, No.2 (2016) 291-297.

Sari, Ade Indah. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Ponsel Blackkberry Pada Mahasiswa STIE Harapan Medan. Dosen Kopertis Wil I Dpk STIE Harapan Medan. Vol.1, No.1 (2013) 35-50.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen, dialih bahasakan oleh Zulkifli Kasip, Edisi Ketujuh. Penerbit PT. Indexs.

Sidharta, Iwan dan Suzanto, Boy. 2015. Pengaruh Kepuasaan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. STMIK Mardira Indonesia, Bandung. Vol.13, No.2 (2015) 1-11.

Siregar, Erni Veronika dan Dewi, Citra Kusuma. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online (Studi Pada Berrybenka.com). Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. Vol. 2, No.1 (2013) 1-8.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suliyanto, 2006. Metode Riset Bisnis. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Utami, Chistina Widhya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Widiyanto, Ibnu. 2008. Poiters Metodologi Penelitian. Penerbit Semarang CV Dikalia.

Yistiani, Ni Nyoman Manik. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Departement Store Duta Plaza di Denpasar. Universitas Udayana. Denpasar. Vol.6, No.2 (2012) 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i4.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

.