Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas desa juk ayak kabupaten kutai timur

Nety Sepriana, Pamasang S. Siburian, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien Juk Ayak Di Puskesmas Desa Kabupaten Kutai Timur, dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai R 0,674 berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik terhadap kepuasan klien. Koefisien determinasi (R2) sebesar 45,40 persen itu menunjukkan proporsi kontribusi variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik terhadap fluktuasi kepuasan pasien

Keywords


pelayanan; kepuasan pasien

References


Alma, Buchari, 2008, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan ke lima, Alfabeta, Bandung

Engel, James F. Roger D. Black Well dan Paul W. Miniard. 2007, Prilaku Konsume (Alih Bahasa Drs. FX Buditanto) Edisi ke enam. Bina Rupa Aksara Jakarta

Gitosudarmo, 2000, Manajemen Pemasaran, CV. Rajawali, Jakarta Kotler, Philip dan Amstrong, 2010, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia. PT Prehallindo, Jakarta .

____________, 2003, Marketing Management, Northwestern University, Eleveth Edition, International Edition, New Jersey

___________, dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia. PT Prehallindo, Jakarta

Lamb Harles W., 2001. Perilaku Konsumen. Terjemahan David Octarevia, Salemba Empat, Jakarta

Lovelock. Wright, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa,PT. INDEKS, Jakarta

Lupiyoadi Rambat dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktis, Salemba Empat, Jakarta

McCarthy E. Jerome & William D Perreault, Intisari Pemasaran, Sebuah Rancangan Manajerial Global, terjemahan Agus Maulana, Jilid 1, Edisi Ke enam, Cetakan Pertama, Binarupa Aksara, Jakarta

Moven dan Minor, 2002, Manajemen Kualitas, Salemba Empat, Jakarta

Payne, Adrian, 2008, The Esence Of Service Marketing Pemasaran jasa, Terjemahan Fandy Tjiptono, Penerbit Andi Jakarta

Schiffman Leon G., Leslie Lazar Kanuk, 2004, Consumer Behaviour. Seventh Edition, Prentice Hall. International Inc. New Jersey

Stanton, J William, Prinsip Pemasaran, 2007, Jilid I, Alih Bahasa Yohannes Lamarto, Erlangga, Jakarta

Swastha Basu, dan Irawan, 2010, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke dua belas, Liberty Offset, Yogyakarta

Tjiptono Fandy. 2011, Pemasaran Jasa, Andi. Jogyakarta

____________, dan Chandra, 2005, Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Revisi, Andi Jogyakarta

___________, dan Anastasia Diana, Total Quality Management, Edisi Revisi, Andi Jogyakarta

Sugiyono, 2002, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kelima, CV.Alfabeta, Bandung

Kotler, Keller, 2006, Marketing Management, Twelfth Edition, Prentice Hall Internasional, Inc

___________, Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Swastha, dan Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama Cetakan Ketiga, BPFE, Yogyakarta

Lamb, McDaniel, 2001, Pemasaran, Buku 1, PT. Salemba Empat, Jakarta

Tjiptono, Chandra,2005, Service Quality Satisfaction, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta

Umar, Husein, 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustak utama Jakarta

Kotler, dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta

Amstrong, dan Kotler, 2013, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality and Satisfaction, Edis Ketiga, Yokyakarta

Lupiyoadi, dan Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran 1, Edisi 12, Jakarta : Erlangga




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.1893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com