Pengendalian kualitas produk kayu lapis

Fany Guswati Febryany, Zainal Ilmi, Doddy Adhimursandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan kualitas produk kayu lapis pada PT. SLJ Global Tbk. Penelitian ini menggunakan Statistical Process Control (SPC) sebagai alat bantu statistik dalam mengendalikan kualitas produk. Peneliti memakai tiga macam alat bantu statistik yang ada di dalam Statistical Process Control (SPC), yaitu diagram peta kendali (control chart), diagram pareto (pareto chart) dan diagram sebab akibat (cause and effect diagram). Penelitian ini meneliti tingkat kecacatan produk kayu lapis yang diproduksi PT. SLJ Global Tbk. periode Januari  hingga Desember 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecacatan produk kayu lapis pada PT. SLJ Global Tbk. berada diluar batas kendali. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecacatan seperti kurang ketelitian saat bekerja, mesin mati dan macet karena gangguan listrik dan lain-lain



Keywords


Statistical Process Control (SPC), diagram peta kendali (control chart), diagram pareto (pareto chart) dan diagram sebab akibat (cause and effect diagram)

References


Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Chase, Aquilano, Jacobs. 2012. Production and Operations Management. 9th edition. Mc.Graw-Hill. New York.

Chase, R. B., Jacobs, F. R., dan Aquilano, N. J. 2006. Operations Management For Competitive Advantage, 9th ed. McGraw-Hill. New York.

Coulter, Robbins. 2005. Manajemen. Edisi Ketujuh. Edisi Terjemahan. Jilid Kesatu. PT.Indeks Group Gramedia. Jakarta.

Crosby, P B. 1979. Quality is Free: The Art of Marking Quality Certain. McGraw-Hill. New York.

Daft, Richard L. 2006. Management. Edisi 6. Edisi Terjemahan. Salemba Empat. Jakarta.

Danang, Sunyoto., dan Danang, Wahyudi. 2011.Manajemen Operasional. Edisi Pertama. CAPS. Yogyakarta.

Deming, W Edwards. 1982. Quality, Productivity and Competitive Positions. Cambridge University Press. Cambridge.

Evans, James R., Lindsay, William M. (2006). The Management and Control of Quality. 6th Edition. Thomson South-Western. United States.

Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas. Edisi Terjemahan. PT Gramedia. Jakarta

______________. 1998. SPC Penerapan Teknik-teknik Statistikal Dalam Manajemen Bisnis Total. Edisi Terjemahan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

______________. 2005. Total Quality Management. Edisi Terjemahan. PT Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.

Heizer, J., dan Render, B. 2008. Operations Management, 9th ed. Prentice Hall. New Jersey.

Montgomery, Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control. 4th Edition. John Wiley & Sons Inc. New York.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia. Bogor.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu. Edisi 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Schroeder, Roger G. 2007. Operations Management: Contemporary Concepts and Cases. International Edition. Mc Graw-Hill Companies Inc. Boston.

Smith, Gerald M. 2003. Statistical Process Control and Quality Improvement. Prentice Hall. New Jersey.

Stevenson, J William. 2009. Management Operations. Prentice Hall. United Kingdom.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com