Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian handphone

Ulya Farida Ardiati, Syarifah Hudayah, J. Kuleh

Abstract


Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor gaya hidup konsumen aktivitas, minat, dan opini mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian dan untuk mengetahui apakah variabel opini pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian handphone android merk Samsung  Galaxy A. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian handphone android merek Samsung  Galaxy A dengan program SPSS for windows versi 0.17. Hasil dari penelitian ini melalui uji simultan menunjukkan bahwa variable gaya hidup yaitu aktivitas, minat dan opini berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan melalui uji parsial menunjukkan bahwa aktivitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel minat berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan opini berpengaruh dominan serta positif signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Aktivitas; minat; opini; gaya hidup

References


Alma, Buchari. 2005. Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran. Cetakan Ketiga. Alfa Beta. Bandung

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Bilson, Simamora. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Engel, James F., et.al, 2005. Perilaku Konsemen. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Engel, James F., Roger D. Black Well dan Paul W. Miniard. 2005. Perilaku Konsumen (Alih Bahasa Drs. FX Budiyanto) Edisi Keenam. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2007. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan ke Empat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

González, M. Ana and Bello, Laurentino. 2002. The Construct “Lifestyle” in Market Segmentation. European Journal of Marketing. 36 (1/2).

Krisnan, Jayasree. 2011. Lifestyle – A Tool for Understanding Buyer Behavior. Int. Journal of Economics and Management 5(1):283–298 (2011). April 2016. India

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, PT. Prehaillindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi ke sebelas, Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan, PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 12. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen pemasaran Jilid I Edisi 12. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Mowen, C John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1 Edisi 5, (Alih Bahasa Lina Salim). Erlangga. Jakarta.

Purba, Alentra. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis Android. Oktober, 2016. Bandung

Rangkuti, Freddy. 2005. Marketing Analysis Made Easy. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2005. Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pustaka Utama dan STIE IBBI. Jakarta.

Satria, Edia. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry Di Kota Sungai Penuh Jambi. April, 2016. Jambi.

Schiffman, Leon dan Kanuk Lazar Leslie. 2004. Consumer Behavior. International Edition. Printice Hall. Englewod. New Jersey.

Schiffman, Leon, dan Kanuk, 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. PT. Indeks. Jakarta.

Schiffman, Leon, dan Kanuk, 2010. Consumers Behavior International Edition. Printice Hall. Englewod. New Jersey.

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. PT. Prenada Media. Jakarta.

Setiadi, J. Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Revisi. Ghalia Indonesia. Bogor.

Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori, dan Aplikasi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Uddin, Md Reaz. 2014. Factors Affecting Customers’ Buying Decisions Of Mobile Phone: A Study On Khulna City, Bangladesh. Vol.5, No. 2, June, 2014. Bangladesh

Warayuanti, Wike dan Ama Suyanto. 2015. The Influence of Lifestyles and Consumers Attitudes on Product Purchasing Decision via Online Shopping in Indonesia. Oktober, 2016. Bandung




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com