Faktor – faktor yang mempengaruhi rentabilitas bank (studi pada bank umum swasta nasional yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2011 – 2015)

Sulistiono Nugroho, Michael Hadjaat, M. Amin Kadafi

Abstract


Bank adalah sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dan menyalurkan dana ke masyarakat, yang memiliki peranan penting sebagai penunjang roda perekonomian suatu negara serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Apabila suatu perusahaan perbankan mengalami kegagalan maka berdampak pada terpuruknya kegiatan ekonomi dalam jangka panjang, dan masyarakat serta unit-unit ekonomi yang membutuhkan dana akan kesulitan memperoleh dana dalam bentuk pemberian kredit. Untuk itu perlu dilakukan serangkaian analisis kinerja yang digunakan dalam mendeteksi kegagalan suatu perbankan sedini mungkin dengan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi  Rentabilitas Bank yang diukur menggunakan Return On Assets. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Net Interest Margin, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio, dan Net Profit Margin terhadap Rentabilitas Bank yang diukur menggunakan Return On Assets serta melihat bagaimana tingkat kinerja dan kesehatan Bank Umum Swasta Nasional. Data yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia dengan periode waktu tahun 2011 sampai 2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 35 Bank Umum Swasta Nasional dengan jumlah sampel sebanyak 21 Bank dengan melewati tahap purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk mendukung perhitungan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS Statistic versi 20. Hasil dari penelitian bahwa   Capital Adequacy Ratio dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap Rentabilitas (Return On Asstes). Kemudian Net Interest Margin dan Net Profit Margin berpengaruh positif signifikan terhadap Rentabilitas (Return On Asstes). Sedangkan Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Rentabilitas (Return On Asstes).


Keywords


Return on assets; capital adequacy ratio; non performing loan; net interest margin; biaya operasional pendapatan operasional; loan to deposit ratio; net profit margin

References


Dietrich, Andreas and Gabrielle Wanzenried. 2009. What Determines the Profitability of Commercial Banks? New Evidence from switzerland. Vol.21, Issue 3, pp:307-327.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Risiko Teori, Kasus dan Solusi, Alfabeta. Bandung. Ferdian, Mario. 2014. Pengaruh BOPO, LDR, NPM, dan Ukuran Perusahaan terhadap

Profitabilitas (Studi Empiris pada perusahaan Perbankan yang Listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013). Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol.1 No.1. Unversitas Pandanaran Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19,

Edisi Kelima. Universitas Diponegoro: Semarang.

Hasibuan, Malayu. 2007. Dasar- dasar Perbankan, Cetakkan keenam. PT Bumi

Aksara. Jakarta.

Horne, James C. Van and John M. Wachowicz, JR. 2005. Fundamental of Financial

Management. Salemba Empat: Jakarta.

Kasmir, 2014. Manajemen Perbankan, Cetakkan keduabelas. PT Raja Grafindo

Persada. Jakarta.

Koch and Scott . 2000. Bank Management. Harcourt Inc: Orlando.

Kosmidou, Kyriaki and Constantin Zopounidis. 2008. Measurement Of Bank Performance In Greece. South-Eastern Europe Journal of Economics. Vol.1, No.1, pp: 79-95.

Lestari dan Widyawati. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi Return On Assets pada Perusahaan Perbankkan di BEI tahun 2008-2012. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya.

Martono, 2007. Bank dan Lembaga Keuangan, Cetakkan keempat. Ekonisia. Fakultas

Ekonomi UII. Yogyakarta.

Mitasari, Dwihilda Rezha. 2014. Pengaruh Capital Adequency Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposite Ratio, Net Interest Margin, dan BOPO Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank (Studi pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia tahun 2009-2013).

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan, Cetakan Pertama. Pustaka Setia: Bandung

Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan . Liberty: Yogyakarta.

Otoritas Jasa Keuangan, 2016. Booklet Perbankan 2016, Edisi 3 tentang Departemen

Perizinan dan Informasi Perbankan. Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. MediaKom.

Yogyakarta.

Riyadi, Selamet. 2006. Banking Assets and Liability Management, Fakultas Ekonomi

Universitas Indoensia. Jakarta.

Said, Rasidah Mohd and Mohd Hanafi Tumin. 2011. Performance and Financial Ratios of Commercial Banks in Malaysia and China. International Review of Business Research Papers. Vol.7, No.2, pp: 157-169.

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi kedua. Lembaga

Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sinungan, Muchdarsyah. 2000. Manajemen Dana Bank. Jakarta. PT Budi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D), Cetakan Keempat Delapan Belas. Alfabeta. Bandung.

Sukarno dan Syaichu. 2006. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Bank

Umum di Indonesia, Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi Vol.3 No.2, Juli:

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. PT Buku Kita. Jakarta.

, 2012. Prosedur Uji Hipotesis Untuk Riset Ekonomi. Alfabeta. Bandung.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, dan Aplikasi, Ekonisia. Jakarta. Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS. ANDI:

Yogyakarta.

Tika, Mohmammad Pabundu. 2006. Metode Riset Bisnis. PT Bumi Aksara. Jakarta. Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2006. Bank dan lembaga Keuangan Lain,

Salemba Empat Edisi dua. Jakarta. www.idx.co.id/idid/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx

(diakses pada 26 November 2016 )

Zahara dan Siregar, Sylvia. 2008. Pengaruh Rasio CAMEL terhadap Praktik Manajemen laba di Bank Syariah”. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Zulganef. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis, Cetakan Kedua. Graha Ilmu.

Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com