Pengaruh debt to equity ratio, arus kas operasi dan earning per share pada return saham

Siti Raudhatul Jannah, F. Defung, Rizky Yudaruddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh. Terhadap pendapatan kembali saham (DER), arus kas operasi (AKO) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Return Saham. Variabel independen dalam penelitian ini adalah. (DER), Operation Cashflow (AKO) dan Earning Per Share (EPS). Populasi dalam penelitian ini 14 Perusahaan Makanan dan Minuman Konsumen tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sampel sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis data menggunakan model regresi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa debt to equity ratio (DER) negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Pengaruh arus kas operasi (AKO) berpengaruh positif terhadap return saham dan Earning Per Share (EPS) negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Keywords


Debt to equity ratio (DER); operation cashflow (AKO); earning per share (EPS); stock return

References


Adiwiratama, Jundan. 2012. Pengaruh Informasi Laba, Arus Kas dan Size Perusahaan Terhadap Return Saham (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang.

Amanda, Astrid dkk. 2012. Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham (studi kasus pada perusahaan food & beverange yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011). Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang.

Anggrahini, Yunita, 2014. Pengaruh ROI, ROE, EPS dan EVA Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang TErdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Arista, Desy. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Return Saham. (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2009). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi STIE Totalwin. Semarang.

Azilia, Yocelin dan Julius Yogi Cristiawan. 2012. Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Azis, Musdalifah dan Sri Mintarti, Maryam Nadir. 2015. Manajemen Investasi. Deepublish. Yogyakarta.

Edwar, alfredo. 2014. Pengaruh Arus Kas dari Aktifitas Operasi dan Laba Akuntansi dari Return Saham Perusahaan Industri Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Fahmi, Irham. 2006. Analisis Investasi dalam perspektif Ekonomi dan Politik. PT Refika Aditama. Bandung

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta (IKAPI). Bandung.

Farkhan dan Ikha (2012). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Universitas Stikubank Semarang.

Fraser, Lyn M dan Aileen Orniston. 2008. Memahami Laporan Keuangan. PT. Indeks: Jakarta.

Ghazali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. BPUD: Semarang.

Hadi, Noor. 2013. Pasar Modal Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hasan, Ramli. 2013. Pengaruh Earning Per Share Terhadap Return Saham PT.Astra International, Tbk. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Hayat, Wahid AL. 2014. Pengaruh rasio Keuangan Terhadap Return Saham (studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI). Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hendrawati, Lidya dan Yulius Jogi Cristiawan 2014. Pengaruh Debt to Equity Ratio, Arus Kas Operasi dan Eraning Per Share Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 – 2012. Jurnal. Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra.

Hermawan, Aji Dedi. 2012. “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham”. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Indonesia.

Hidayat, Taufik. 2010. Buku Pintar Investasi Reksa Dana Saham Stock Options Valas Emas. Media kita. Jakarta Selatan.

Houston & Brigham.2009. Fundamentals Of Financial Management Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10 Salemba Empat. Jakarta.

Jeffery Bailey, Alexander dan Sharpe. 2006. Investasi. PT Indeks. Jakarta.

Jogiyanto, 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 3. BPFE-YOGYAKARTA. Yogyakarta.

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan . Pt. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Kusumo, Raden Mas Gian. 2011. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perusahaan Non Bank. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Malinda dan Martalena. 2011. Pengantar Pasar Modal. Andi Ofset. Yogyakarta.

Noor, Henry Faizal. 2009. Investasi. PT Indeks: Jakarta Barat.

Pratama, Satria dan Dinnul Akbar. 2014. Pengaruh Laba Akuntansi dan Komponen Arus Kas terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) MDP.

Puspitadewi, Cokorda dan Heny Rahyuda. 2016. Pengaruh DER, ROA, PER dan EVA terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Beverage di BEI. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD). Bali

Savitri, Ayu Dyah. 2012. “Analisis Pengaruh ROA, NPM, EPS dan PER Terhadap Return Saham ( studi kasus pada perusahaan food and beverange periode 2007-2010)“. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Savitri, Dyah Ayu. 2012. Pengaruh ROA NPM EPS dan PER terhadap Return Saham. Jurnal. Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang

Sinambela, Elizer. 2015. Pengaruh Earning Per Share (EPS) Terhadap Return Saham pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sudana, I made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktek. Erlangga. Jakarta.

Sulia. 2012. Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Fakultas Ekonomi STIE Mikroskil. Medan.

Sulistyastuti, Ratih Dyah. 2002. Saham & Obligasi Ringkasan Teori dan Soal Jawab. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Sunyoto, Danang 2009. Statistika Ekonomi Induktif. PT Indeks: Jakarta

Sutrisno 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Kanisius (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Trisnawati, Widya. 2013. Pengaruh Arus Kas Operasi, Investasi dan Pendanaan Serta Laba Bersih Terhadap Return Saham. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Untung, Budi. 2011. Hukum Bisnis Pasar Modal. Percetakan Andi Offset. Yogyakarta.

www.AntaraNews.com//berita-bei jumlah investor pasar modal domestik, diakses tanggal 19 september 2016.

www.idx.co.id//Beranda-perusahaan/tercatat/laporankeuangandantahunan, diakses tanggal 10 juni 2016.

www.sahamok.com,//pasar-modal/pengertian dan definisi pasar modal, diakses tanggal 12 juni 2016.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. INTERPENA. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.1137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com