Analisis pemahaman pedagang makanan terhadap zakat perdagangan (studi kasus rumah makan di jalan pramuka kota samarinda provinsi kalimantan timur)

Aqil Wardana, Rais Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Aqil Wardana dengan judul “Analisis Pemahaman Pedagang Makanan Terhadap Zakat Perdagangan (Studi Kasus Rumah Makan Di Jalan Pramuka Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur)” dibawah bimbingan Rais Abdullah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman pedagang makanan mengenai zakat perdagangan dan ketaatan para pedagang makanan dalam membayar zakat pedagang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi dengan menganalisis data yang diperoleh.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang makanan di Jalan Pramuka Kota Samarinda masih banyak yang tidak mengetahui dan tidak paham dengan zakat perdagangan. Pedagang makanan di Jalan Pramuka Kota Samarinda menganggap shadaqoh dengan zakat itu sama, dan masih banyak yang belum mengetahui nisab dan haul dari zakat perdagangan. Sedangkan, ketaatan para pedagang makanan di Jalan Pramuka Kota Samarinda dalam hal membayar zakat perdagangan, masih terdapat beberapa pedagang yang tidak mengeluarkan zakat perdagangan dikarenakan tidak mengetahui dan tidak memahami zakat perdagangan, menyamakan zakat dengan shadaqoh , dan tidak sesuai dengan ketentuan zakat perdagangan.

Keywords


Pemahaman; Zakat Perdagangan

References


Adipradana, M. A., & Pertiwi, A. (2015). Prototype Sistem Rekomendasi Rumah Makan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour Berbasis Web.

Ayodya, R. W. (2007). Kursus Singkat Usaha Rumah Makan Laris Manis. Kelompok Gramedia.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (2018). sidkt_export (1).

Hafidhudduin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Gema Insani.

Hidayatullah, M. S. (2017). Tuntutan Lengkap Rukun Islam Dan Doa Kunci Beribadah Secara Kafah (T. Lesmana (ed.)). Pustaka Oasis.

Jamaluddin, S. (2014). Kuliah Fiqh Ibadah (IV). LPPI UMY.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif (M. C. Anwar (ed.)). Zifatama Publisher.

Mustarin, B. (2017). Urgensi Pengelolaan Zakat Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat. 4, 83–95.

Okeu Rizkina Lestari, N. Eva Fauziah, Y. M. (2019). Implementasi Pemahaman Para Pedagang Tentang Zakat Perdagangan di Pasar Anyar Kota Bandung. April, 449–454.

Rina Rizkia, Muhammad Arfan, M. S. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Motivasi, Regulasi, Dan Pemahaman Tentang Zakat Terhadap Keputusan Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal (Studi Para Muzakki di Kota Sabang) Rina. 7(1).

Saputra, N. (2016). Sistem Perhitungan Zakat Perdagangan Di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu.

Shomad, A. (2017). Hukum Islam : Penormaan Prinsip Syariah Dalam Hukum Indonesia (3rd ed.). KENCANA.

Sudijono, A. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan.

Sujatmiko, E. (2014). KAMUS IPS.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif (1st ed.). DEEPPUBLISH.

Thoybah, H. (2019). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mustahiq (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kutai Kartanegara) (Vol. 2).

Uwaidah, K. M. (2008). Al-Jami’ Fii Fiqhi An-Nisa (Fikih Wanita) (H. Y. A. Muthalib (ed.); 1st ed.). Pustaka Al-Kautsar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v5i4.8702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)