Pengaruh transparansi laporan keuangan dan pengelolaan zakat serta sikap pengelola zakat terhadap kepercayaan muzaki (studi kasus dompet dhuafa cabang samarinda)

Ayu susilawati, Eny Rochaida, Ferry Diyanti

Abstract


Ayu Susilawati. Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat dan Sikap Pengelola Zakat Terhadap Kepercayaan Muzaki Studi Kasus Dompet Dhuafa cabang Samarinda, di bawah bimbingan Ibu Eny Rochaida sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Ferry Diyanti sebagai dosen pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah persetujuan perencanaan keuangan, pengelolaan zakat dan pengaturan pengelola zakat terhadap kepercayaan muzaki. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 muzaki dompet dhuafa cabang Samarinda. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persetujuan keuangan tidak sesuai dengan kepercayaan muzaki, pengelolaan zakat menekankan terhadap kepercayaan muzaki,


Keywords


Laporan Keuangan; Pengelolaan Zakat; Sikap Pengelola Zakat; Kepercayaan Muzaki

References


Fauzia, Ika Yunia. 2013 Etika Bisnis dalam Islam. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Handoko, Hani. (2015). Manajemen. BPFE, Edisi kedua. Yogyakarta.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Andi. Yogyakarta.

Moenir, A.S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT Bumi Aksara. Jakarta

Rochim, Mochamad Ainur. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Muzaki Pada Baznas Kabupaten Tulungagung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung.

Romdhon, Muhammad Rizqi Syahri. (2014). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat, dan Sikap Pengelola Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzaki (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat di Kota Bandung). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 “Keuangan Negara”.

Unsrat. “Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999” http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_38_99.htm., diakses 28 Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v5i4.7594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)