Faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan ojek muslimah di samarinda

musdalifa mais, Zamruddin Hasid, Rachmad Budi Suharto

Abstract


Musdalifa Mais, 2019. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ojek Muslimah Di Samarinda. Bimbingan bapak Zamruddin Hasid dan bapak Rahcmad Budi Suharto.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, harga dan religiusitas terhadap keputusan penggunaan ojek muslimah di Samarinda . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat samarinda yang menggunakan jasa SMS ojek muslimah Samarinda.Teknik pengambilan sample menggunakan incidental sampling. Sample yang digunakan sebanyak 76 orang yang pernah menggunakan jasa SMS ojek muslimah Samarinda.Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.dengan bantuan program spss 21. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan SMS Ojek Muslimah di Samarinda dengan nilai Thitung sebesar 2,523 dan nilai sign. 0,014 < 0,05. Terdapat pengaruh tidak signifikan promosi terhadap keputusan penggunaan SMS Ojek Muslimah di Samarinda dengan nilai Thitung sebesar 0,290 , dan nilai sign. 0,772 > 0,05. Terdapat pengaruh tidak signifikan harga terhadap keputusan penggunaan SMS Ojek Muslimah di Samarinda dengan nilai Thitung sebesar 0,339, dan nilai sign.0,735 > 0,05. Terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan SMS Ojek Muslimah di Samarinda dengan nilai Thitung sebesar 4,834 dan nilai sign. 0,000 < 0,05.

 

 

 

 


Keywords


Kualitas PelyanaN;Promosi;Harga;Religiusitas;Keputusan Penggunaan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Yatimin. 2009. Studi Islam Kontemporer. Jakarta: Amzah.

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Ykpn.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Syaifuddin. 2012. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Fauzia, Ika Yunia dan Riyadi, Abdul Kadir. 2014. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam : Perspektif Maqasid Al-Syari’. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Hasan, Riaz. 2006. Keragaman Iman. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Khanif, Rahmanto. (2016). “Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariah.” Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Salatiga.

Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Latan, Hengky Dan Selva Temalagi. 2013. Analisis Multivarate Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Progrma Ibm Spss 20.0. Bandung: Alfabeta.

Mursid. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Rizma. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promsi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online GO-CAR di Kota Solo.” Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rozalinda. 2014. Ekonomi Islam. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2008. Model Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Sahlan, Asmaun. 2012. Religiusitas Perguruan Tinggi. UIN Maliki Press. Malang: UIN Maliki Press.

Setyaningrum, Ari, dkk. 2010. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Suharno dan Sutarso.2010.Marketing In Practise. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumar’in. 2011. Ekonomi Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika terapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sunyoto, Danang. 2011. Metode Penelitian Untuk Ekonomi. Yogyakarta: Caps.

Sunyoto, Danang. 2012. Prosedur Uji Hipotesis Untuk Riset Ekonomi. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirullah dan J. Haryadi. 2011. Muhammad Binisman Ulung. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Tandirerung, Aletha Clara. (2019). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa GO-CAR.” Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Darma.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.Yogyakarta. Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang. Penerbit Andi.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Tony. 2011. Manjemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi; aplikasi dengan program SPSS Versi 20. Yogyakarta: Interpena.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v5i4.6543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com