Pengaruh inovasi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran syariah (studi empiris pada ukm amplang di Samarinda)

Fitrah Ramadaniati, Dirga Lestari

Abstract


FitrahRamadaniati, 2019 Pengaruh Inovasi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Syariah Studi Empiris Pada UKM Amplang Di Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Dr. Herning Indriastuti,S.E.,MM. dan Ibu Dr. Dirga Lestari, S.E.,MM. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Inovasi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Syariah Studi Empiris Pada UKM Amplang Di Samarinda. Penelitian dilakukan kepada pengusaha Amplang Di Samarinda yang terdiri dari 100 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menguji Inovasi Pemasaran, Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran Syariah. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan Inovasi Pemasaran dan Inovasi Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran Syariah.


Keywords


1 kata atau lebih;frase yang penting;spesifik

References


Chen, 2006. Marketing Innovation. Journal Of Economics and Management Strategy. Vol. 16, No.3

Dibrell. 2008. Fueling Innovation through Information Technology in SMEs”. Journal Of Small Business Management 46(2) : 203-218.

Evrian Antyadika, Boventura. 2016. Membangun Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Sentra Industri Amplang Di Kota Samarinda. Semarang: Universitas Diponerogo.

Ferdinand, Augusty. 2006. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Frendy, Tjiptono dan Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Forfas. 2006. Marketing Innovation. Journal Of Economics and Management Strategy. Vol. 16, No.4

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (Ed.Ke-7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

___________. 2001. Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 20. Semarang : BP Undip

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Media Pressindo.Yogyakarta.

Han. 1998. “ Market Orientation Innovativeness, Product Innovatinon and Performance In Small Frim”. Jounal off small Business Management Vol 42 NO.2, Program Magister Manajemen. Universitas Diponerogo.

http://kementerian.keuangan.com/2017/06/23/jumlah-PDB-Ekspor-Indonesia.

(Diakses tanggal 2 November 2018)

http://kaltim.tribunnews.com/2018/09/28/jumlah-usaha-mikro-di-kota-tepian-sudah-mencapai-56-ribu. (Diakses tanggal 4 November 2018)

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Edisi ketiga. Bandung: Alfabeta.

Huda, Nurul. (2017). Pemasaran Syariah: Teori dan Aplikasi Edisi Pertama. Depok: Kencana.

Indriastuti, Herning. 2015. Membangun Kapabilitas Pengindraan Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Samarinda: Universitas Mulawarman.

_______ 2017. Keunggulan Produk Inconic Isolating Sarung Samarinda. Samarinda: Universitas Mulawaran.

Karim, Adiwarman A. (2014). Analisis Fiqih dan Keuangan, Edisi Keliam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartajaya, Hermawan dan Sula, Muhammad Syakir. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Jime’nez- Jime’nez, D.dan Sanz-Valle, R. 2008. Could HRM Support Organizational innovational? The International Journal Of Human Resource Management, 19(7):1208-1221

Lewis dan Algaoud. Perbankan syarih : Prinsip, Pratek, dan Prospek, Jakarta : Serambi, 2003

Lin, 2013. Mreket Demand, Green Product Innovation, and Firm Performance: evidence from Vietnam motorcycle industry. Journal Of Cleaner Production 40:101-107

Lukas, dan Ferrell. 2000. The Effect of Market Orientation On Product Innovation. Journal Of The Academy Of Marketing Science, DOI 10`1177/0092070300282005, Vol.28, No.2 (2009).

Muhammad. 2012. Pemasaran Dalam Perspektif Islam. Majalah Pengusaha Muslim No.33. Hal.40.

Partini, Sri dan Hartono. 2012. Pengaruh komunikasi, kepimpinan san kedisplinan kerja terhadap kinerja karyawan pada dinas komunikasi dan informatika pemerintah kota Surakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah.

Pelham, Alfred, 2000, “Mediating Influences on The Relationship Between Market Orientation and Profitability in small industry Frims”, Journal of Marketing Theory and Practice, Summer, 55-75.

Permadi, 2000. Pengembangan Konsep Kinerja Pasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 13. No. 3.

Prasetya, 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.3, Hal. 219-240.

Robbins, Stephen P. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta:Salemba Empat

Rogers, Everett M, 1995, Diffusions of Innovations, Forth Edition. New York: Tree Press.

Sampurno. 2010. Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Subagyo, Pangestu. 2003. Statistik Terapan. Yogyakarta: BPFE.

Sukarno, Gendut. 2009. Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan Inovasi Produk Dan Kreatifitas Strategi Pemasaran. Surabaya : Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ke Empat. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Stattistika Untuk Penelitian, Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Stoner, Freeman. 2004. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suindrawati.Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di Toko Jesy Busana Muslim Bapangan Mendenrejo Blora). Semarang. 2015.

Tanjung, Hendri dan Abrista Devi. 2013. Meteodologi Peneitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing

Uncles, Mark. 2000 Market Orientation. Australian Journal Management. Vol.25 No.2 UNSW Business school.

Pasrizal, Himyar. 2013. Konsep Marketing Dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah. NIZHAM, Vol.01. No.01

Voss, Glen dan Voss, Zannie Giraud, 2000. “Strategic Orientation and Firm Performance in an Artistic Environment”, Journal of Marketing.

Wahyono. 2003. Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 1.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com