Analisis Usaha Ternak Sapi Di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda

Indra Wardana, Michael Michael, Rachmad Budi Suharto

Abstract


Analisis Profit Maksimum Usaha Ternak Sapi di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Michael dan Bapak Rachmad Budi Suharto.

Sebagai Ibukota Kalimantan Timur, kota Samarinda memiliki Dinas Pertanian kota Samarinda yang memiliki tujuan untuk mencapai kondisi peternakan yang tangguh, yang dicirikan dengan kemampuan mensejahterakan petani peternak dan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan sektor terkait secara keseluruhannya. Usaha ternak sapi dapat dikatakan berhasil bila telah memberikan kontribusi pendapatan dan dapat memenuhib kebutuhan hidup peternak. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya jumlah kepemilikan ternak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keunutngan maksimum para peternak sapi di Kecamatan Samarinda utara.

Penelitian ini menggunakan rumus Profit Maksimum ? = TR –TC dengan menggunakan data primer dan data sekunder dari 50 responden.

Hasil penelitian Profit pada usaha ternak sapi yang terbesar adalah tingkat kepemilikan 11-19 ekor sebesar Rp 517.232.505 dan pada skala sedang tingkat kepemilikan ternak 6-10 ekor sebesar Rp 399.260.399 serta pada skala kecil tingkat kepemilikan 1-5 ekor sebesar Rp 191.203.750 perbedaan besarnya profit yang diterima oleh peternak disebabkan karena perbedaan jumlah ternak sapi yang dimiliki dan besarnya biaya produksi yang dikeluarkan selama periode pemeliharaan.


Keywords


Total Cost, Total Revenue, Profit Maksimum

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com