PENGARUH INFRASTRUKTUR DAN INVESTASI SWASTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Annisa Yudya Primasari, Warsilan Warsilan, Emmilya Umma Aziza Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel panjang jalan dan investasi swasta terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur dengan menggunakan model analisis jalur yang diolah dalam program komputer SPSS versi 21. Penelitian ini menggunakan data time series pada tahun 2002-2016 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa  panjang jalan  dan investasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Investasi swasta dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, sedangkan panjang jalan tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Panjang jalan berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pertumbuhan ekonomi, sedangkan investasi swasta berpengaruh negatif terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pertumbuhan ekonomi.

Keywords


Panjang Jalan; Investasi Swasta; Pertumbuhan Ekonomi; Penyerapan Tenaga Kerja



DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com