Pengaruh infrastruktur terhadap jumlah penduduk produktif dan pertumbuhan ekonomi provinsi kalimantan timur

Muhammad Yusuf, Adi Wijaya, Irwan Gani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh infrastruktur (listrik, air bersih, dan jalan) secara langsung dan tidak langsung terhadap jumlah penduduk produktif dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. Jenis data yang digunakan adalah sekunder, berbasis data time series periode 2008-2017. Data dikumpulkan dengan teknik library research melalui instansi pemerintah, yakni Badan Pusat Statistik dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Dari data tersebut, diolah dengan model Analisis Jalur dan bantuan Uji Sobel untuk melihat pengaruh secara tidak langsung. Berdasarkan hasil estimasi terhadap model persamaan statistik, didapatkan bahwa infrastruktur listrik secara langsung berpengaruh (positif dan signifikan) terhadap jumlah penduduk produktif. Infrastruktur listrik dan jalan secara langsung berpengaruh (positif dan signifikan) terhadap pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur jalan secara tidak langsung berpengaruh (positif) terhadap pertumbuhan ekonomi melalui jumlah penduduk produktif.


Keywords


Infrastruktur (listrik, air bersih, dan jalan); jumlah penduduk produktif; dan pertumbuhan ekonomi.

References


Arikunto, S., 2002, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

BPS Provinsi Kalimantan Timur., 2018, Kaltim Dalam Angka, Berbagai Edisi Tahun 2009-2018, CV. Sekar Mulya, Samarinda.

Hapsari, T., 2011, Pengaruh Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, Skripsi (Terpublish), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Rahayu, Y., dan Soleh, A., 2017, Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi (Pendekatan Fungsi Cobb Douglas), Jurnal Development, Vol. 5(2), p-ISSN: 2338-6746, hal: 125-139.

Setiadi, E., 2006, Pengaruh pembangunan infrastruktur dasar terhadap pertumbuhan ekonomi regional Indonesia (8 Propinsi di Sumatera), Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Depok.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com