PENGARUH LABEL HALAL DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP PEMBELIAN AYAM POTONG SAKTI PADAT KARYA SAMARINDA AFIFAH LIA DIANA

Meri Meri, Herning Indriastuti, Abdul Gafur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal dan atribut produk terhadap keputusan pembelian ayam Sakti Padat Karya Samarinda. Jenis dan sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan penelitian kepustakaan. Penguji menggunakan alat analisis ordinal uji kei kuadrat dan koefisien spearman. Sampel dalam peneliian ini adalah 103 responden yang membeli ayam Sakti dengan jumlah 15 item pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis H1 diterima hal ini ditunjukan dengan keterikatan variabel label halal (X1) dan Keputusan pembelian (Y) sangat kuat karena (R 0,01). Hasil penelitian membuktikan bahwa pencantuman label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ayam Sakti Padat Karya Samarinda. Demikian juga hipotesis H2 diterima ada pengaruh positif antara  atribut produk terhadap keputuan pembelian. Hal ini dapat dilihat pada variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dari nilai signifikansi variabel < 0,01 (signifikan).


Keywords


Label halal, Atribut produk, keputusan pembelian.

References


Al Gazali, Imam. 2003. Benang Tipis Aantara Halal dan Haram .Surabaya.

Astogini et al. 2011. Pengaruh Aspek Religius Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Makanan Dan Minuman Kemasan. Jawa Tengah.

Alfian, I. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. At-Tawassuth, Vol.2, No., 127. https://doi.org/10.1007/s10646-006-0066-4

Anisa. (2015). Pengaruh Strategi Green Marketing Mix dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Biomass Chem Eng, 49(23–6), 176–187.

Anis, Hizkia B., Lapian,S.L.H.V. Joyce., Mekel, P.A. 2014. Atribut Produk dan Bauran Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol.2 No.1 Hal. 254-263.

Amstrong. (2003), The art of HRD: Strategic Human Resource Management Guide to Action Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Panduan Praktis untuk bertindak, alih bahasa oleh Ati cahayani.Jakarta: PT Gramedia.

Akpoyomare Oghojafer Ben, Adeosun Ladipo Patrick kunle and Ganiyu Rahim Ajao. 2012. The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry: A Study of lagos Metropolis. Nigeria : Americant Jurnal of Business and management Vol.1. No 4.

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 430–439.

Elvin P. Rompas and Ferdinand J. Tumewu. 2014. Sosial Influence To Consumer Buying Decision a Qualitative Method on samsung Galaxy Series Customers In Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No. September 2014, Hal. 727-735

Engel, J.F, Blackwell dan Miniard, 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binaputra

Effendi, Rustam. 2003 Produksi Dalam Islam. Yogyakarta. Magister Insania Press.

Ernawati. 2015. pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Keputusan Manggunakan Produk Koametik. Jakarta.

Ferrinadewi, Erna.2005. Pengaruh Tipe Keterlibatan Konsumen Terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya Pada keputusan Pembelian : Jakarta

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. BP Undip : Semarang

Ghazali Imam. (2002). Benang Tipis Antara Halal dan Haram. Surabaya: Putra Pelajar.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Huda Nurul, Muchlis. 2014. Pengaruh label halal pada makanan terhadap konsumen Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta vol. 26 No.1 Mei, Hal 57-66.

Keller, K. L. 2005. Strategic Brand Management : Intl ed. Building, Measuring, and Managing Brand Equity 2nd ed. New Jersey : Pearson Education

Kusumawati, Y., dan Benny, H. (2014). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kelompok Referensi Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Kosmetika Tanpa Label Halal Pada Mahasiswi Muslim. Jurnal Psikologi Integratif. Vol. 2. No. 1. edisi Juni

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. And Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Alih Bahasa:Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta. Prehallindo.

Kotler, Philip And Keller, Kevin L.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Mahwiyah. 2010. Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian Konsumen Studi pada Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta.

Mannan Abdul. Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Terjemah, M. Nastangin, Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa, 1997.

Majelis Ulama Indonesia. 2011. Himpunan Fatwa Majelis Indonesia sejak 1975. Jakarta: Erlangga.

Miru Ahmadi. 2007. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mukhlisin. 2014. Tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap sertifikasi halal pada produk makanan. Jurnal.

Umar, Husain, 2013 Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Kedua, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Onsu, Rosalia. (2015). Atribut Produk, Citra Merek, dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor di Dealer Yamaha Ranotana. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 818-828.

Rahmawati Vivi.2011. Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal sebagai Variabel Moderating terhadap Keputusan Pembelian produk Kosmetik Wardah di Kota Semarang.

Rangkuti Ramadhan. 2010. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (snack merek Chitato) Studi Pada Mahasiswa Fakultas Hukum

Roqib Zuliana. 2012. pengaruh labelisasi terhadap keputusan konsumen membeli produk mie instan Indofood dengan sampel mahasiswa jurusan Mu’malah dan Ahwal Alsyakhiyyah semester VII IAINWalisongo. Semarang.

Shiffman. 2014. Prilaku konsumen.Edisi 7. Jakarta

Sumarwan, Ujang, 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen. PT Ghalia Indonesia.Bogor. 466 hal.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Suswardji. 2012. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU. Jurnal Manajemen.Volume 10 no.1.Edisi Oktober.

Suryabrata. 2011. Metodelogi penelitian, jakarta :Raja Grafiando Persada

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung CV Alfabeta.

Susanto, Harry, Handayani, Widya. 2013. Tentang pengaruh atribut produk terhadap pembelian handphone Samsung galexy series. Universitas Gunadarma Vol.7 No. 05. Hal 17-20. Jakarta.

Swastha, Basu dan Handoko, Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Prilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com