Pengaruh nilai tukar dan tingkat suku bunga terhadap inflasi di indonesia

Rizda Meilinda, Juliansyah Roy, Diana Lestari

Abstract


Inflasi adalah salah satu indikator ekonomi makro yang penting. Inflasi adalah target kebijakan pemerintah karena dampak inflasi sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Nilai Tukar dan Suku Bunga terhadap Inflasi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. ayam dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tukar dan suku bunga secara bersamaan atau bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi di Indonesia. Dan di antara variabel independen yang diteliti, ini menunjukkan bahwa variabel nilai tukar memiliki pengaruh dominan terhadap tingkat inflasi di Indonesia

Keywords


Nilai tukar; suku bunga; inflasi

References


Anonim, 2005 – 2015. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.

Anonim, 2005 – 2015. Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. Samarinda

Anang, Sukendar, pengujian dan pemilihan model inflasi dengan non nested sudi kasus perekonomian indonesia periode 1969 – 1997, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 15, No. 2, 164 – 178

Judy, Tri Oldy, dan Hanly F. 2006. Pengaruh Aspek Moneter dan Fiskal Terhadap Inflasi Di Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 01 Tahun 2016. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Mankiw, 2003. Teori Makroekonomi Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mankiw. 2006. Pengantar Ekonomi Makro, Edisi Ketiga, Salemba Empat Jakarta.

Maryati. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Moneter Terhadap Inflasi Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Semarang.

Mishkin. 2009. The Economic of Money, Banking, and Financial Markets. Buku 2. Edisi ke-8. terjemahan Lana Soelistianingsih dan Beta Yulianita G. Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, 2003, Hipotesis Linier Berganda, Statistik Ekonomi, Jakarta.

Salvatore, Dominic, 1997, Ekonomi Internasional, Terjemahan, Drs. Munandar M. A, Edisi ke lima jilid dua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Saputra, Kurniawan. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inflasi di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas iponegoro. Semarang.

Sukirno, sadono. 1994. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: PT .Raja Grafind Persada

Sukirno, sadono. 1998. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: PT .Raja Grafindo Persada

Sukirno, Sadono. 2000. Makroekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Drafindo Persada.

Supranto, J. 2003. Statistik teori dan aplikasi. Edisi ke-5. Penerbit Erlangga.

Jakarta

Saputra, Kurniawan. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inflasi di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Sari, Murti. 2011. Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Inflasi Di Indonesia Sebelum Dan Sesudah Diterapkannya Kebijakan Inflation Targeting Framework Periode 2002 –2010. Media Ekonomi Vol. 19, No. 2, Agustus 2011. Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i3.5889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com