Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di toko perlengkapan islami (studi pada toko cahaya berkah samarinda)

Ikram Ashari, Zainal Ilmi, Siti Maria

Abstract


Ikram Ashari. Analysis of Factors Affecting Consumer Decisions Shopping in Islamic Equipment Stores (Study at Samarinda Blessing Light Shop). This research was under the guidance of Mr. Zainal Ilmi as Advisor I and Mrs. Siti Maria as Counselor II.

This study aims to determine the effect of Products on Decisions, to determine the effect of Prices on Consumer Decisions Shopping at Samarinda Blessing Light Shop.

The method of data collection in this study uses a questionnaire with a Likert scale. The technique of determining the sample in this study was carried out using Accidental Sampling techniques. For this reason, the researchers took 100 consumers of Toko Cahaya Berkah Samarinda to be sampled in this study. The hypothesis test used in this study is Multiple Linear Regression using SPSS 23.0 Software.

The results of this study indicate that Product has a positive and significant effect on consumers' decision to shop at Toko Cahaya Berkah Samarinda and Price has a positive and significant effect on consumer decisions to shop at Cahaya Berkah Samarinda Shop.


Keywords


Products; Prices; Purchasing Decisions

References


Afzalurrahman. 1997. Muhammad sebagai seorang pedagang. alih bahasa Dewi Nurjulianti, Yayasan Swarna Bhumy, Jakarta.

Al-Mushlih, Abdullah dan Ash-Shawi, Shalah. 2011. Fiqih Ekonomi Keuangan Islam, alih bahasa oleh Abu Umar Basyir, Darul Haq, Jakarta.

Amalia, Euis. 2005. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dari Masa Klasik Hingga Kontemporer, Pustaka Asatrus, Jakarta.

Amrullah. 2002. Perilaku Konsumen, Graha Ilmu, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Kedua Belas, Rineka Cipta, Jakarta.

Arumsari, Dheany. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhdap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aqua (studi pada konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah), UNDIP, Semarang.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran, Rajawali Press, Jakarta..

Augusty, Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Chamid, Nur. 2010. Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Cetakan Kesatu, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi Offset, Yogyakarta.

Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu, Jilid 1, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Fauzia, Eka Yunia dan Riyadi, Abdul Kadir. 2014. Prinsip Dasar Ekonomi Islam, Edisi 1, Cetakan Kesatu, Kencana, Jakarta.

Ghanimata, Fifyanita. 2012. Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada pembeli produk Bandeng Juwana Elrina Semarang), UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Cetakan I, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

_____________________. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Cetakan IV, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

_____________________. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

¬¬¬¬¬_____________________. 2011. Aplikasi A nalisis Multivariate dengan Program IBMSPSS19, Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro, Semarang.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Askara, Jakarta.

Huda, Nurul. 2008. Ekonomi Makro Islam: pendekatan teoritis, Cetakan kesatu, Kencana Prenamedia Grup, Jakarta.

Islahi, A. A.. 1997. Konsep Ekonomi Ibnu Taimiyah dan Anshari Thayib, PT. Bina Ilmu Offset, Jakarta.

Karim, Adiwarman Azwar. 2001. Ekonomi Islam suatu Kajian Kontemporer, Cetakan Kesatu, Gema Insani, Jakarta.

______________________. 2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Edisi 3, Cetakan Kedua, PT. Raja Gravindo Persada. Jakarta.

Kotler, Philip. 1995. Marketing jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

_____________________. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

_____________________.. 2005. Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Edisi 11, jilid 1, PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

____________________. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Erlangga, Jakarta.

Kurniawan, Anggoro Dwi. 2012. Analisis pengaruh produk, promosi, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Kedai Amarta Semarang), UNDIP, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i3.5860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com