Kepuasan pasien pada rumah sakit pupuk kaltim siaga ramania samarinda

Ricky Pebiyanto Putra, Syarifah Hudayah, Zainal Ilmi

Abstract


Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna, penyembuhan penyakit, dan pencegahan penyakit dalam masyarakat. Selain itu rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. Rumah sakit adalah tombak pembangunan kesehatan masyarakat. Namun tidak sedikit keluhan selama ini diarahkan pada kualitas pelayanan rumah sakit yang dinilai masih rendah oleh beberapa pihak. Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania merupakan salah satu rumah sakit milik PT Kaltim Medika Utama yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode. Yang pertama adalah statistik inferensial yang dibantu dengan software SmartPLS 3.0 untuk menganalisis tingkat signifikansi antara variabel. Dan yang kedua adalah statistik deskriptif dengan menggunakan nilai rata-rata skor kinerja dan harapan dan dibantu dengan software SPSS 23. Dari hasil penelitian ini diketahui variable tangibles dan emphaty memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sedangkan variable reliability, responsiveness dan assurance memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan.  Namun dalam penelitian ini menunjukkan ada beberapa indikator yang dianggap penting tetapi pelaksanaanya kurang baik.

Keywords


Kualitas Pelayanan;Kepuasan Pasien

References


Arafah, Willy, 2004, Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Image, Media Riset Bisnis & Manajemen, Vol 4 No 1, April.

Azwar, S. 1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bolton, Ruth N. & James H. Drew. (1991). A Multistage Model of Customer Assessment of Service Quality and Value, Journal of Consumer Research, 17 : 375-384.

Caruana, Albert. 1997. Service quality and satisfaction the moderating role of value, European Journal of Marketing, Vol 34,11-12.

Kandampully & Suhartanto. (2000), Customer Loyalty in The Hotel Industry : The Role of Customer Satisfaction and Image, Journal of Contemporary Hospitaly Management, 12: 346-351.

Kurnia.2008 Pengaruh Kepuasan Pada Loyalitas Konsumen Pada Rumah Sakit Umum Daerah Palembang

Http://rspkt.com diakses pada tanggal 15 Maret 2018

Http://wahyunis2012.blogspot.com/2013/12/pengertian-teori-fungsional.html?m=1 diakses pada tanggal 13 Maret 2018

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta: Teguh, Hendra & Molan, Benyamin.

Nofirza, Kus Indrayani.2011 Aplikasi Metode Kano Dalam Analisis Indikator Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru

Parasuraman,A. Zeithhaml, Valerei & Berry,L.1988. Servqual : Multiple Item Scale for Measuring, Consumer Perception of Service Qulity : Journal of Retailing,64. 1:12-36.

Peter, Paul J. dan Olson, Jerry. 1999. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, jilid 1, Penerbit Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sekaran, Uma . 2003. Research Methods for Business : Skill-Building Approach, Fourth Edition, New York : John Wiley &nSons Inc.

Sugiyono, E. Wibowo. 2001. Statistika Penelitian, Edisi I, Bandung : Alfabeta.

Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Penerbit : Rieneka Cipta.

SW Guntur, Muhammad & Setiaji, Bambang. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Surakarta, Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2004. Service Quality and Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Total Quality Service. Andi Offset, Yogyakarta.

Willkie, William L ,2001, Consumer Behavior, Second Edition, New York: John Wiley & Sons Inc.

Wiyono, Azis & Wahyudin, M. 2005 Pengaruh Kualitas Layanan Medis, Paramedis dan Penunjang Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten, Tesis, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Yamit, Zulian 2009 Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i3.5693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com