PENGARUH PETUMBUHAN EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

Sri Pujiati, Arfiah Busari, Agus Junaidi

Abstract


Sri Pujiati, 2018. Pengaruh Petumbuhan Ekonomi Dan Penyerapan Tenaga Kerja Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Kabupaten Di Kutai Timur. Dibimbing oleh Arfiah sebagai pembimbing I dan Agus sebagai pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap jumlah penduduk miskin Di Kabupaten Kutai Timur dan juga untuk mengetahui penyerapan tenaga kerja berpengaruh terhadap jumlah penduduk miskin Di Kabupaten Kutai Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 21.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk miskin Di Kabupaten Kutai Timur dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk miskin Di Kabupaten Kutai Timur.

 


Keywords


Pertumbuhan Ekonomi; Penyerapan Tenaga Kerja; dan Jumlah Penduduk Miskin

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2014. BPS Kalimantan Timur Dalam Angka. 2014

. 2015. BPS Kalimantan Timur Dalam Angka. 2015

BPS Kalimantan Timur Dalam Angka. 2016

BPS Kalimantan Timur Dalam Angka. 2017

Bastias, Dwi Desi. 2010. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Atas Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1969-2009. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

Boediono, 1985. Ekonomi Makro, Yogyakarta: BPFE.

Daniel L. Rubinfield, 2002, Mikro ekonomi Edisi keenam jilid 1 penerbit PT. Indeks, Robert S. Pindyk, Jakarta.

Febriana Enny. 2010. Strategi Untuk Menanggulangi Kemiskinan di Jawa Timur. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Ganie, Djupiansyah, 2007. Analisis Pengaruh Upah. Tingkat Pendidikan Jumlah Penduduk dan PDRB terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Berau Kalimantan Timur, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Gentle Fair Su, 2011. Pengaruh Pertumbuhan Penduduk dan Tingkat Pengangguran serta Laju Inflasi terhadap Tingkat Kemiskinan di kota Samarinda, Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Gujarati 1995. Ekonometri Dasar.Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Kusumamuti, Numgki. 2018. Menguji Validitas Hukum Okun Di Indonesia Tahun 1992-2016. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mankiw, NGeogry. Liza, Fitria dan Nurmawan, Iman (penerjemah). 2003. Pengantar Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Nizar Chairul. 2013. Pengaruh Invertasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Hubungannya Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Prasetyo Agus Adit. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Riduan. 2015. Pengaruh Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Sharp, A. M., 2006. Economic of Social Issues, New York: McGraw Hill

Simanjuntak, 1998. Payaman, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas ekonomi Universitas Indonesia.

Sitanggang, 2004. Analisis Pengaruh Prilaku Pemimpin Terhadap Kinerja

Subeki, M. Agus, 2007, Pengaruh Upah. Nilai Produksi, Nilai Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri kecil Genteng di Kabupaten Banjar negara, Sripsi, FE UNNES.

Sudarsono. 1988. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Karunia Jakarta. Universitas Terbuka Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R& D. Bandung Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2004. Makro ekonomi Modern. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Sumodiningrat, Gunawan. 2009. Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tambunan, Tulus H, 2001. Perekonomian Indonesia: Teori Dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tarigan, S. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Bumi Aksara.

Todaro, M. dan Stephen C.Smith, 2003, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Penterjemah : Haris Munandar dan Puji A.L. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i3.5578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com