Analisis perkembangan usaha mikro dan kecil setelah mendapatkan pembiayaan bai bitsaman ajil

Abd. Sidik, Isna Yuningsih, Yunita Fitria

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan omset penjualan dan keuntungan UMK setelah memperoleh pembiayaan Bai Bitsaman Ajil pada BMT Jabal Nur Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BMT Jabal Nur Kota Samarinda Tahun 2018. Populasi peneliti ini adalah pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang menerima pembiayaan Bai Bitsaman Ajil pada tahun 2017 dan sekaligus dijadikan sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Purposive Sampling. Metode analisis data penelitian ini dengan uji pangkat tanda Wilcoxon. Berdasarkan perhitungan uji pangkat tanda Wilcoxon untuk variabel omset penjualan ada perbedaan omset penjualan sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan dari BMT dan pada variabel keuntungan usaha ada perbedaan keuntungan sebelum dan sesudah mendapatkan pembiayaan dari BMT Jabal Nur Kota Samarinda


Keywords


Pembiayaan; pergantian; keuntungan

Full Text:

PDF

References


Kuncoro, Mudrajad. 2008a. UMKM terbukti tahan terhadap krisis dan mampu survive. Harian Bisnis Indonesia. Jakarta.

. 2009b. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Manurung, Adler Haymans. 2008. Modal untuk Bisnis UKM. PT Kompas Media Nusantara. Jakarta

Nurrohmah, Isnaini. 2015. Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Menerima Pembiayaan Musyarakah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT (Studi Kasus BMT Beringharjo Yogyakarta). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Siarno, Si Islam . 2015. Analisis Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil Setelah Memperoleh Pembiayaan dari Baitul Mal Wat Tamwil di Kota Surakarta. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri. Surakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodelogi Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Soleh, Mohammad. 2008. Analisis Strategi Inovasi dan Dampak Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada UKM Manufaktur di Kota Semarang), Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i4.4002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.