Pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil serta relegiusitas terhadap keputusan nasabah menabung

Muhammad Zainuddin, Fitriadi Fitriadi, Triana Fitriastuti

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, bagi hasil dan religiusitas terhadap keputusan pelanggan untuk menabung di BPD Kaltim Syariah Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan BPD Kaltim Syariah Samarinda pada tahun 2017 adalah sekitar 80 pelanggan dalam hal ini peneliti memberikan kuesioner ketika pelanggan melakukan transaksi di BPD Kaltim Syariah Samarinda. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah probability sampling. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Kemudian, dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji multikolinieritas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah kualitas layanan, bagi hasil dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk hemat di BPD Kaltim Syariah Samarinda

Keywords


Service quality; profit sharing; religiosity

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. 2000. Dinamika Islam Kultular. Bandung: Mizana

Al-Qardhawi, Yusuf, alih bahasa Setiawan Budi Utomo, 2001. Bunga Bank Haram. Cetakan pertama. Jakarta : akbar

Antonio, Muhammad SyafiI. 2001. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press

Boediono. 2001. Indonesia Menghadapi Ekonomi Global. Yogyakarta: BPFE

Fetzer, John E. 1999. Multidimentional Measurement of Religiousness/Spirituallity for Use in Health. A Report of thr Fetzer Institute/National Institute on Aging Working Group. Kalamazo: John E. Fetzer Institute.

Glock, C.Y & Stark Rodney, 1968. American Piety : The Nature Of Relegious Lommitment, USA: University Of Chicago Press dalam Roland Roberson (ed) (1984), Sosiology Of Relegion. Penguin Edication

Karim, Adiwarman A. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallinho

Lupiyoadi,Rambat. 2001. Menajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Muhammad. 2004. Manajemen Dana Bank Syariah. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Ekonista.

Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta Prenada Media

Shiffman, L.G & Kanuk, L.L. 2004 Consumer Behavior (Ed. Ke-8), New Jersey: Pearson Prentice Hall

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy

Thoin, Muhammad. 2011. Pengaruh faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah STAIN Salatiga. Vol. 2, Juli 73-89.

Wibowo, Ery AS. 2007. Faktor Relegiusitas Dalam Perbankan Syariah. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.