Pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas

Ardita Adela, Adi Wijaya, Maryam Nadir

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan murabahah, Terhadap Profitabilitas serta pengaruhnya dalam Pembiayaan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Yadul Ulya di Samarinda. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data yang bersumber dari laporan pembiayaan mudharabah dan murabahah yang dipublikasikan oleh koperasi jasa keuangan syariah yadul ulya. Penelitian ini menggunakan analisis statistik, yaitu analisa data yang memperhitungkan keterkaitan antara variable dependen (Mudharabah dan Murabahah) dengan variable independen (profitabilitas) dengan data runtun waktu (time-series) dalam periode analisis antara tahun 2014 sampai dengan 2016. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda, setelah terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dan uji t. Dari hasil pengujian antara variabel mudharabah dan murabahah dengan profitabilitas, diperoleh signifikansi kedua variable dependen melebihi standar signifikansi yang ditentukan. Pembiayaan Murabahah juga berpengaruh terhadap Profitabilitas adapun besar pengaruhnya disebabkan dari nilai pembiayaan yang belum terelisasi dalam suatu periode. Semakin rendah ataupun tinggi nilai realiasi pembiayaan kedua variable tersebut akan mengurangi dan meningkatkan nilai profitabilitas.


Keywords


Mudharabah; murabahah; profitabilitas; koperasi syariah

References


Rama,Ali.2010.Ekonomi Syariah dan Outlook, dari http://ekonomiislami.wordpress.com/2010/12/31/ekonomi-syariah-dan- outlook-2010/, diakses Tanggal 20 Desember 2016

Ali Zainuddin. 2008. Hukum Perbankan Syariah. Jakarta : Sinar Grafik.

Agus, R. Sartono, 2010. “Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.” Edisi Empat.

Yogyakarta : BPFE.

Agnes Sawir, 2009. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Azwar Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Anwar Sanusi. 2011. Metode Penelitian Bisnis,. Jakarta : Salemba Empat.

Dwi Priyanto. 2009. 5 jam belajar olah data dengan SPSS 17. Yogyakarta : Andi. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dan Program TBM SPSS 20. Semarang : UNDIP.

Hakim, Lukman. 2012. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Yogyakarta : Erlangga

Hilmiaty Martha Utami. 2012. Pengaruh Tingkat Penjualan Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada PT. Davomas Abadi, Skripsi Ekonomi. Bandung : Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Indrianto, Nur Bambang Supomo. 2011. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntasi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Iskandar Indrianata. 2008. Pendekatan Kualitatif Untuk Pengendalian Kualitas.

Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Ismail. 2011. “Perbankan Syariah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajagrafindo Persada. Kasmir.. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta :

Rajawali Pers.

Limbong, Bernhard. 2010. Pengusaha Koperasi (Memperkokoh Fondasi Ekonomi Rakyat). Margaretha Pustaka

Muhammad, Swiknyo Dwi. 2009. Akuntasi Perbankan Syariah. Yogyakarta :

Rivai, Veithzal dan Arvyan Arifin. 2010. Islamic Banking Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.