Pengaruh pertumbuhan ekonomi dan pengangguran serta inflasi terhadap kemiskinan di kalimantan timur

I Putu Tedy Suepa, Irwan Gani, Muliati Muliati

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisi pengaruh variabel pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran dan tingkat inflasi terhadap tingkat kemiskinan di tiga kota di Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan metode Least Square Dummi Variabel (LSDV) yang menggunakan data antar ruang (cross section) dan time series tahun 2006 sampai dengan 2015 di tiga kota di Kalimantan Timur dengan bantuan software Eviews 8.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di tiga kota di Kalimantan timur, tingkat pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di tiga kota di Kalimantan Timur, dan tingkat inflasi berpengaruh positif dan tidak sigifikan terhadap tingkat kemiskinan di tiga kota di Kalimantan Timur.


Keywords


Kemiskinan; pertumbuhan ekonomi; pengangguran; inflasi

References


Arsyad, Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. STIE YKPN. Yogyakarta.

BPS, 2007. Kalimantan Timur Dalam Angka 2007. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

____, 2010. Kalimantan Timur Dalam Angka 2010. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

____, 2013. Kalimantan Timur Dalam Angka 2013. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

____, 2017. Kalimantan Timur Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Fatma, Fahma Sari. 2016. Pengaruh Inflasi dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Indonesia. Universitas Indonesia, Depok.

Feriyano, Nur. 2004. Ekonomi Sumber Daya Manusia. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Hestiningsih, Rahayu. 2017. Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Dan Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman, Samarinda.

Jundi, Musa Al. 2014. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Provinsi-Provinsi di Indonesia. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kuncoro, Mudrajad. 2000. Ekonomi Pembangunan. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nanga, Muana. 2001. Makro Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Saputra, Adhi Whisnu. 2011. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, PDRB, IPM, Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten/Kota Jawa Tengah. Universitas Diponegoro. Semarang.

Siregar, Hermanto dan Dwi Wahyuniarti. 2006. Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin. IPB, Bogor.

Sukirno, Sadono. 2000. Makro Ekonomi Modern. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Ekonomi Pemangunan. Kencana (Prenada Media), Jakarta Timur.

Todaro, Michael P. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Penerjemah: Haris Munandar. Erlangga, Jakarta.

Todaro, M. P and S. C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi, jilid 1. Edisi 9. Translated by Piji A.L. Penerbit Erlangga, Jakarta.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_____ 2009. Pembangunan Ekonomi, jilid 2. Translated by Yelvi, Andri. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Prasetya, Agus. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan. Universitas Diponegoro, Semarang.

Penggabean, Yudi Rois. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Kota Samarinda. Universitas Mulawarman, Samarinda.

Waruwu, Seri Jefry Adil. 2016. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran Belanja, Pemerintah, dan Investasi Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Widarukmi, Lintang Parameswari. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan. Universitas Muhammaddiyah, Surakarta.

Yacoub, Yarlina. 2012. Pengaruh Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten Atau Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Yudha, Okta Ryan Pranata. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum, Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Inflasi Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yoga, Andriawan. 2017. Analisis Pengaruh Penghimpunan Dana ZIS dan Variabel Makroekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus di 12 Provinsi Indonesia Periode 2012-2016. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i3.3753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.