Pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi

Faisal Riza, Theresia Militina, Adi Wijaya

Abstract


Pertumbuhan  ekonomi  pada hakekatnya adalah suatu acuan untuk mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya. Sejalan dengan tujuan tersebut, berbagai kegiatan pembangunan nasional diarahkan kepada pembangunan yang merata ke setiap daerah, khususnya daerah yang cenderung masih memiliki kelemahan dalam penerimaan pendapatannya. Hal ini yang menyebabkan pentingnya meneliti pengaruh pajak daerah dan retribusi terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Berau. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Berau. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Keynes, yang menjadi landasan utama pentingnya peran pemerintah dalam perekonomian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dari tahun 2006 – 2016, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Pajak Daerah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap belanja daerah, 2) Pajak Daerah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, 3) retribusi daerah berpengaruh langsung akan tetapi tidak signifikan terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi 4) belanja daerah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, 5) pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi melalui belanja daerah.

Keywords


Pajak daerah; retribusi daerah; belanja daerah; pertumbuhan ekonomi

References


Adi, P. H. 2006. Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). Simposium Nasional Padang.

Ahmad, Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anonim, 2009, Pajak Daerah, Undang - Undang Nomor 28

Anonim, 2014, Penganggaran belanja langsung dalam rangka melaksanakan program dan kegiatan pemerintah daerah, Undang Undang Nomor 23

Arsyad, Lincold. 2001. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. STIE. YKPN. Yogyakarta.

Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. STIE YKPN, Yogyakarta.

BPS Kaltim, 2016, Kalimantan Timur Dalam Angka 2016, BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

BPS Kaltim, 2016, Statistik Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 – 2015, BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Brata, Aloysius G., 2004, Komposisi Penerimaan Sektor Publik dan Pertumbuhan Ekonomi Regional, Lembaga Penelitian Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Carol J Pierce & Capistrano, Colfer, Doris. 2005. Politik Desentralisasi, Kekuasaan dan Pengalaman di Berbagai Negara. Jakarta.

Deddi, Noordiawan. 2007. Akuntansi Pemerintahan. Salemba Empat, Jakarta.

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, (2000), Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, N. Damodar. 2006. Essential of Econometrics. New York, USA: McGraw-Hill.

Gujarati, Damodar. 2010. Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa Sumarno Zain. Erlangga : Jakarta.

Halim, Abdul, 2008, Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi 3, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Indra, Syahputra. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Daerah Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Jamzani, Sodik. 2007, Pengeluaran Pemerintah dan Pertumbuhan Ekonomi Regional. Fakultas Ekonomi-UPN. Yogyakarta.

Jhingan, 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Rajawali Press. Jakarta.

Kaho, Y.R., 2001, Prospek Otonomi Daerah di Negara KesatuanRepublik Indonesia, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Ekonomika Pembangunan : Teori, Masalah, dan Kebijakan. STIM YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2010. Ekonomika Pembangunan : Teori, Masalah, dan Kebijakan. STIM YKPN, Yogyakarta.

Mahyuni, 2013, Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Investasi Swasta dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Selatan, FEB-Universitas Hasanuddin, Makassar.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Miyasto, 2009, “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mochamad Rizky Azzumar, 2011, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Investasi Swasta, Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Era Desentralisasi Fiskal, Fakultas Ekonomi-Universitas Diponegoro, Semarang.

Mulyana, Subhkan, 2006, “Otonomi Penyelenggara Pemerintah Daerah”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nur Indah, Rammawati. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Alokasi Belanja Daerah, Fakultas Ekonomi-Universitas Diponegoro. Semarang.

Ni Wayan, Nuryanti Dewi. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Hasil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Udayana. Bali.

Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. 2006. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 52 tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 55 tahun 2005 tentang Dana Perimbangan. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2005 tentang Keuangan Daerah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 97 tahun 2012 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta.

Puspita Sari, Noni dan Idhar Yahya. 2009. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendaptan Asli Daerah (PAD) terhadap belanja langsung. Universitas Sumatera Utara, Medan

Pujiati, Amin. 2008. Analisis Belanja langsung di Karesidenan Semarang Era Desentralisasi Fiskal. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Kajian Ekonomi Negara Berkembang. Vol. 13(2): 61-70.

Redaksi Sinar Grafika, 2005. Standar Akuntansi Pemerintah (PPRI No. 24 Th.2005), Sinar Grafika-Bumi Aksara, Jakarta.

Sri Lestari, Wijaya. 2009. Pengaruh Belanja Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sukirno, Sadono. 2002. Makro Ekonomi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sukirno, S. 2004. Makroekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran dari Klasik hingga Keynesian Baru. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2007. “Makroekonomi Modern, Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru”. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sumarsono, Sonny, 2009, Manajemen Keuangan Pemerintahan, Graha Imu, Yogyakarta.

Sunyoto Danang, 2010, Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat Ringkasan dan Kasus, Amara Books, Yogyakarta.

Suparmoko, M. 2007. Ekonomi Publik, Keuangan dan Pembangunan Daerah. Andi Yogjakarta. Yogjakarta,

Sianturi, Agave. 2010. Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Belanja Modal di Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Medan.

Tambunan, Tulus T.H. 2006. Perekonomian Indonesia. Bogor: Ghalia.

Todaro, Michael, P. dan Stephen C. Smith. 2003 . Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga

Todaro, Michael P., dan Smith, Stephen C. (2006). Pembangunan Ekonomi/ Edisi Kesembilan, Jilid 1 (Alih Bahasa: Haris Munandar dan Puji A.L.). Penerbit Erlangga, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Jakarta.

Undang-Undang, Nomor 33 Tahun 2004 tentang “Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah”. Jakarta.

Undang-Undang, Nomor 34 Tahun 2000, tentang “Perubahan UU Nomor 18 Tahun 1997, tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah”. Jakarta.

Wahyuni dan Adi, Hari Pryo. 2009. Analysis Pertumbuhan Dan Kontribusi Dana Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Daerah. Jurnal Universitas Satya Wacana Salatiga. Surabaya.

Wandira, Arbie Gugus. 2013. Pengaruh PAD, DAU, DAK dan DBH terhadap pengalokasian belanja modal. Accounting Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang-FE. Semarang.

Winardi. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen. Erlangga. Jakarta.

Yolanda, Wulandari. 2014. Pengaruh Dana Bagi Hasil Terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten dan Kota di Indonesia, Fakultas Ekonomi-Universitas Negeri Padang. Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i3.3523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.