Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan Terhadap Belanja Daerah Dan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Kutai Kaartanegara

Syamsu Alam, Aji Sofyan Effendi, Erwin Kurniawan A

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah dan Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur. Metode analisis data menggunakan Path Analisis dengan bantuan software SPSS versions 22 for windows. Dari penelitian ini diketahui bahwa secara parsial, Pendapatan Asli Daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap Belanja Daerah, Dana Perimbangan berpengaruh signifikan terhadap Belanja Daerah, Pendapatan Asli Daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan, Dana Perimbangan berpengaruh tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan, Belanja Daerah berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan.

 


Keywords


Pendapatan asli daerah; dana perimbangan; belanja daerah; tingkat kemiskinan

References


Anonim, Badan Pusat Statistik. 2015. Kutai Kartanegaara Keuangan Daerah 2015. Provinsi Kalimantan Timur: Badan Pusat Statistik

Afiah, Nunuy Nur, 2009, Akuntansi Pemerintahan: Implementasi Akuntansi Keuangan Pemerintahan Daerah, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Amartya Sen, Bloom dan Canning, 2001. The Health and Proverty of Nations : From Theory to Practice, School of Public Health, Harvard University, Boston and Dept. of Economics, Queens University, Belfast.

Arsyad, Lincolin, 2004, Ekonomi Pembangunan, Edisi 4, Yogyakarta: STIE YKPN.

Bastian Indra, 2003, Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Fathoni, Abdurahman, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rienka Cipta.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Halim, Abdul, Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah di Jawa dan Bali, Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober 2003.

Kuncoro, Mudrajad, 2004, Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang, Jakarta: Erlangga.

Maimunah, Mutiara, Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera, Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang, 23-26 Agustus 2006.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Maulida Partiwi, Novi, 2007, Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Prediksi Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Indonesia, Skripsi Sarjana (dipublikasikan), Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Nordiawan, Deddi, 2006, Akuntansi Sektor Publik, Jakarta: Salemba Empat.

Nugraeni, 2001, Analisis Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Prediksi Hasil Belanja Daerah (Studi Pada Pemerintahan Daerah Kabupatan/Kota di Indonesia), Jurnal, Akmenika UPY, Vol. 8.

Panggabean, Hendison H, 2009, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah di Kabupatan Toba Samosir, Tesis Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Pengaturan Menteri Dalam Menteri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Prakosa, Kesit Bambang, Analisis Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Prediksi Belanja Daerah (studi empiric di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY), JAAI Vol. 8 No. 2, 2004.

Ridwan, 2007, Metode Penelitian Untuk Tesis, Bandung: Alfabeta.

Saragih, Juli Panlima, 2003, Analisis Determinan Belanja Daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat dalam Era Otonomi dan Desentralisasi Fiskal, ISSN: 1412-3126, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Maret 2011, Vol. 18, No. 1, Hal: 46-58.

Subandi, 2011, Ekonomi Pembangunan, Bandung: Alfabeta.

Susilo, Gideon Tri Budi dan Priyo Hari Adi, 2007, Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah (Studi Empiris di Provinsi Jawa Tengah), Konfensi Penelitian Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik Pertama, Surabaya.

Widjaja, HAW, 2002, Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, Jakarta: PT Raja Grafindo Persadaa




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i3.3469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com