Pengaruh pendapatan asli daerah dan dana bagi hasil serta dana alokasi khusus terhadap belanja pembangunan dan tingkat kesenjangan daerah

Hesty Sapriana, Theresia Militina, Aji Sofyan Effendi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Khusus secara langsung maupun tidak langsung terhadap Belanja Pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur, dan pengaruhnya secara keseluruhan terhadap kesenjangan daerah di provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dokumentasi (archeival) dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder pada kurun waktu 2007 – 2016. Hasil penelitian menunjukkan pada model pertama, Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Khusus secara langsung tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur. Model kedua Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Khusus secara langsung berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Kesenjangan Daerah di provinsi Kalimantan Timur. Belanja Pembangunan secara langsung berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Kesenjangan Daerah di Provinsi Kalimantan Timur. Pengaruh tidak langsung Pendapatan Asli Daerah terhadap Tingkat Kesenjangan Daerah melalui Belanja Pembangunan, diperoleh koefisien positif sebesar 0,042354, kemudian Dana Bagi Hasil memiliki pengaruh langsung secara positif sebesar 0,005694 terhadap Tingkat Kesenjangan Daerah, namun Dana Alokasi Khusus memiliki pengaruh tidak langsung secara negative sebesar - 0,002925 terhadap Tingkat Kesenjangan Daerah, sehingga tidak dapat didukung hipotesisnya.




Keywords


Pendapatan asli daerah; dana bagi hasil dan dana alokasi khusus; belanja pembangunan, tingkat kesenjangan daerah

References


Mirza, D. S. 2012. Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah 2006-2009. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, EDAJ. Vol 1: hal, 1-15.

Mujib, Ibnu dan Abdullah Halim. 2009. Problem Desentralisaasi dan Perimbangan Keuangan Pemerintahan Pusat-Daerah Peluang dan Tantangan dalam Pengelolaan Sumber Daya Daerah. Sekolah Pascasarjana UGM: Yogyakarta.

Nugraeni. 2011. Analisis Pengaruh DAU, DAK dan PAD terhadap Prediksi Belanja Daerah (studi Pada Kabupaten/Kota di Indonesia). Akmenika UPY, Yogyakarta. Vol 8

Patta. 2012. Analisis Pengaruh distribusi pendapatan dengan indeks pembangunan manusia di Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 65 Tahun 2001 tentang Pajak Daerah.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2001 tentang Retribusi Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pose, R. 2007. Fiscal Decentralization. Efficiency and Growth. Journal of Department Of Geography and Environmental, London School of Economics. London. Prapti, L. 2006. Keterkaitan Antar Pertumbuhan Ekonomi dan Distribusi Pendapatan. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Universitas Diponegoro. Semarang.

Sarkoro, H. 2016. Pengruh Belanja Daerah, Dana Alokasi Umum, Danan Alokasi Khusus dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Empiris Pada Pemerintah Provinsi se-Indonesia Periode 2012-2014). Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sarwono, Jonathan. 2007 Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS,. Yogyakarta : Andi Offset

Sasana, H. 2009. Analisis Dampak Pertumbuhan Ekonomi, Kesenjangan Antar Daerah dan Tenaga Kerja Terserap Terhadap Kesejahteraan di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Dalam Era Desentralisasi Fiskal. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol 1: hal, 50-69.

Jurnal Tesis Hesty Sapriana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Februari 2018

Sasana, Hadi. 2009. Analisis Dampak Pertumbuhan Ekonomi, Kesenjangan Antar Daerah Dan Tenaga Kerja Terserap Terhadap Kesejahteraan Di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Dalam Era Desentralisasi Fiskal. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Maret 2009, Hal. 50 - 69 Vol. 16.

Setiyawati, A. dan Hamzah, A. 2007. Analisis Pengaruh PAD, DAU, DAK dan Belanja Pembangunan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, dan Pengangguran: Pendekatan Analisis Jalur. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Universitas Trunojoyo. Vol.4, No. 2, hal. 211-228.

Setyowati, L. dan Suparwati, Y. K. 2012. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, DAU, DAK, PAD Terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jawa Tengah. 9(1), h: 113-133.

Setyowati, Lilis dan Yohana Kus Suparwati. 2012. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, DAU, DAK, PAD terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Pengalokasian Anggaran Belanja Modal sebagai Variabel Intervening. Prestasi Vol. 9 No. 1 – Juni 2012.

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Baduose Media: Padang.

Sukirno, S. 2006. Makroekonomi. Teori Pengantar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Susanti, S. dan Fahlevi, H. 2007. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Bagi Hasil Terhadap Belanja Modal (Studi Pada Kabupaten/Kota Di Wilayah Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. 1, No. 1, Halaman 183-191.

Todaro, M. P. 2009. Pembangunan Ekonomi. Erlangga: Jakarta.

Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Von Furstenberg, G.M., Green, R.J. and Jeong, J.H., 1986. Tax and spend, or spend and tax?. The Review of Economics and Statistics, pp.179-188.

Waluyo, J. 2007. Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Pendapatan Antardaerah Di Indonesia. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Woo, W.T., 2009. Getting Malaysia out of the middle-income trap.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiem.v3i3.3148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.