Analisis pergeseran struktur ekonomi dan daya saing komoditas ekspor dalam perekonomian wilayah kabupaten malinau

Mastika Mastika, Theresia Militina, Warsilan Warsilan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk sektor unggulan, pola pergeseran struktur sektor ekonomi dan daya saing ekspor masyarakat terhadap perekonomian Kabupaten Malinau. Jenis penelitian eksploratif kuantitatif, dimana jenis data yang digunakan adalah data sekunder (time series) dengan pendekatan kuantitatif 2005-2014 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Perencanaan dan Pembangunan di Malinau atau Kalimantan Utara. Berdasarkan Analisis Lokasi Kuantitas (LQ) di Kabupaten Malinau ada enam sektor: pertanian; listrik, gas dan air minum; bangunan dan konstruksi; perdagangan, hotel dan restoran; juga oleh layanan sebagai leading sector. Hasil Analisis Struktur Shift Share (SSA) yang telah diklasifikasikan telah mengubah struktur ekonomi Kabupaten Malinau dari sektor sekunder ke sektor tersier dan primer dalam 10 tahun. Sedangkan daya saing ekspor masyarakat daya saing Kabupaten Malinau melalui Revealed Comparative Advantage (RCA), lihat apakah produk ekspor batubara dan mineral (tipe A, B dan C) terbukti memiliki keunggulan komparatif yang lebih tinggi dengan keunggulan komparatif komoditi yang sama. di tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Keywords


Superior sector; economic structure shift; export commodity competitiveness

References


Bappeda Provinsi Kaltim. 2010. Profil Wilayah Kabupaten Malinau. Laporan Publikasi Perencanaan Daerah, Malinau. Katalog Bappeda Provinsi Kalimantan Timur. Samarinda.

BPS Kabupaten Malinau. 2015. Keuangan Daerah dan PDRB Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) Kabupaten Malinau Tahun 2005-2014. Bab IX : Pendapatan Regonal. Data Publikasi Tahunan. Katalog BPS Provinsi Kalimantan Utara. Tanjung Selor.

Harisman, Beni. 2007. Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektorsektor Unggulan di Provinsi Lampung (Periode 1993-2003). Skripsi (Dipublikasikan). Departemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Marzuki. 1999. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit : Gramedia. Jakarta.

Nur, Meliana. 2010. Statistika Deskriptif dan Induktif. Penerbit : Graha Ilmu. Jakarta.

Tarigan, Robinson. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

_______. 2007. Teori dan Aplikasi Ekonomi Regional. Cetakan Keempat. Penerbit : PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah.

Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999 tentang Pembentukan dan Pemekaran Wilayah Kabupaten Malinau.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i3.2972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com