PENGARUH JUMLAH INDUSTRI MENENGAH, JUMLAH INDUSTRI KECIL DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KOTA SAMARINDA

Ventirana Adhi Helma

Abstract


The purpose of this study to see the effect of Number of Intermediate Industry, Number of Small Industry and the Gross Domestic Product of the Advertising Tax Revenue In Samarinda city using the model of Multiple Linear Regression analysis tool used SPSS version 20. This research uses secondary data, i.e. data on the number of secondary industries from year 2005 to 2014, data on the number of small industries from year 2005 to 2014, and data from the years 2005 to 2014 Gross Regional Domestic Product. This data was obtained from the Department of Revenue (DISPENDA) Samarinda and the Central Statistics Agency (BPS) Province of East Kalimantan. From the results of research and discussion can be concluded that the number of Intermediate Industry affects The Advertising Tax Revenue, Number of Small Industry affects the Advertising Tax Revenue and the Gross Domestic Product does not affect The Advertising Tax Revenue.

Keywords: Advertising Tax, Number of Intermediate Industry, Number of Small Industry, and the Gross Domestic Product

References


--------.1965.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 1965 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1964, Tentang Pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan (Lembaran Negara Tahun 1964 Nomor 41) menjadi Undang-Undang .

--------.1999.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah.

--------.2000.Peraturan Pemerintah Nomor 105 Tahun 2000 Tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah.

--------.2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara.

--------.2004.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintahan Daerah.

--------.2006.Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Pajak Reklame.

--------.2007.Peraturan Mentari Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 TAhun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

--------.2009.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

--------.2012.Peraturan Walikota Samarinda Nomor 26 Tahun 2012 Tentang Penataan Titik Reklame Di Wilayah Kota Samarinda.

--------.2013.Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 23/M-IND/per/4/2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009 Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label pada Bahan Kimia.

--------.2014.Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 11/M-IND/per/3/2014 Tentang Program Restrukturisasi Mesin dan/ataumPeralatan Industri Kecil dan Industri Menengah.

Adisasmita, Rahardjo.2011.Pembiayaan Pembangunan Daerah.Yogyakarta:Graha Ilmu

Badan Pusat Statistik. Samarinda Dalam Angka berbagai Edisi: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Badan Pusat Statristik. Statistik Daerah Kota Samarinda Tahun 2015: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Basri,Yuswar Zainul.2005.Keuangan Negara dan Analisis Kebijakan Utang Luar Negeri.Jakarta:Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda Tahun 2005-2014.

Fazriana,Nadya Haniz.2013.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah Kota Tegal.

Ghozali,Imam.2011.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istianto,Donna Dwi.2011.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Semarang Tahun 2000-2009.

Liberty,Setia Neo.2013.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Jember.

Sumanto.2014.Statistik Terapan.Yogyakarta:Penerbit CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Riduwan dan Sunarto.2012.Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis.Bandung:Penerbit Alfabeta.

Nurmayasari,Dini.2010.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Kota Semarang.

Oktaviyanti,Desy.2013.Kontribusi dan Prospek Retribusi Pelayanan Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda.

Prasedyawati,Lintan Gupita.2013.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Semarang Tahun 1990-2011.

Puspitaningsih,Silvia Ristina.2013.Analisis Penerimaan Pajak Reklame Kota Malang.Jurnal Ilmiah.

Samarindakota.bps.go.id

Saragih, Juli Panglima.2003.Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi.Jakarta:Ghalia Indonesia

Siregar,Sofian Siregar.2014.Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif.Jakarta:Penerbit PT. Bumi Aksara.

www.bi.go.id. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi-Provinsi Di Indoensia Menurut Lapangan Usaha 2010-2014.

www.bps.go.id. Badan Pusat Statistik Tentang Industri Mikro dan Kecil.

Yani,Ahmad.2004.Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.Jakarta:Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.