Analisis permintaan tenaga kerja

Eko Wahyudi, Fitriadi Fitriadi, Nurjanana Nurjanana

Abstract


Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis pengaruh investasi terhadap permintaan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur dan menganalisis pengaruh PDRB terhadap permintaan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder meliputi jumlah permintaan tenaga kerja, investasi dan PDRB di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2006-2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field work research). Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan rumus Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan investasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap permintaan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Dimana semakin meningkatnya investasi, maka perusahaan- perusahaan akan memperbesar hasil produksinya atau akan terciptanya perusahaan-perusahaan baru yang membutuhkan tenaga kerja lebih banyak sehingga dengan adanya lapangan usaha baru akan meningkatkan permintaan  tenaga  kerja  di  Provinsi  Kalimantan  Timur.  PDRB  berpengaruh  signifikan  dan  negatif terhadap permintaan tenaga  kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Dimana semakin laju pertumbuhan angkatan kerja tidak setara dengan pertambahan jumlah investasi dan juga diikuti dengan kenaikan UMP, mengakibatkan penurunan permintaan tenaga kerja.


Keywords


Permintaan tenaga kerja; investasi; PDRB

References


BPS Provinsi Kalimantan Timur. 2015. Kalimantan Timur Dalam Angka 2015.

Dharma, Bayu Dwi. 2015. Pengaruh Investasi dan PDRB Terhadap Kesempatan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Samarinda. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Vol. 12 Nomor 1.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Halim, Abdul. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN.

Matz, A. and Usry, M.F. 1990. Akuntansi Biaya (Perencanaan dan. Pengendalian). Jilid 1 Edisi 7. Erlangga. Jakarta.

Mankiw, NG. 2007. Teori Makro Ekonomi. Edisi Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Mulyadi, Subari. 2011. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Noviyani. 2007. Hubungan Penerimaan dengan Produk Domestik Regional Bruto Perkapita Provinsi Di Indonesia. Skripsi. Sarjana Ekonomi pada Departemen Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor.

Prasetyo, Eko. 2011. Analisis Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Penanaman Modal Asing (PMA), Tenaga Kerja, Dan Ekspor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Tengah Periode Tahun 1985 – 2009. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Prasojo, Eko. 2009. Reformasi Birokrasi di Indonesia: Beberapa Catatan Kritis. Jurnal Bisnis & Birokrasi. Vol.XIV/No.1/Januari. Departemen Ilmu Administrasi Fisip UI.

Rangkuti, Fredy. 2003. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. Gramedia, Jakarta.

Ravianto. 2009. Produktivitas dan Manajemen. Penerbit : Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas). Jakarta.

Ruliansyah, Denny. 2012. Analisis Hubungan antara PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto), Realisasi Investasi, Desentralisasi Fiskal dan Kesempatan Kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Fakultas Ekonomi Univeristas Mulawarman.

Sandika. 2014. Pengaruh Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Pelalawan. JOM FEKON 1. NO. 2.

Saputra, Erick Permana. 2016. Pengaruh Pertambahan Penduduk dan Dampaknya Terhadap Kesempatan Kerja di Kota Bontang. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2016, 4 (3): 961-970.

Salvatore Dominick, 2005. Ekonomi Manajerial Dalam Perekonomian Global. Salemba Empat. Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2005. Makro Ekonomi Modern Perkembangan Pemikiran Klasik Hingga Keynisian Baru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Supriyono, R.A. 2007. Akuntansi Manajemen: Proses Manajemen. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Todaro. 2009. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Edisi Bahasa Indonesia. Buku II. Penebit Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i2.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com