Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan

Citra Saraswati Sabri, Sri Mintarti, Triana Fitriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada PT. Arrehlah Wisata Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah jemaah haji di 2011-2015 di PT. Tur Arrehlah Samarinda itu sebanyak 75 peziarah. Dalam hal ini peneliti memberikan kuesioner kepada peziarah yang telah menggunakan jasa PT. Arrehlah Wisata Samarinda. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (nonprobability sampling). Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peziarah berpengaruh terhadap PT. Arrehlah Wisata Samarinda.

Keywords


service quality

References


DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhalindo. Jakarta.

Kolter, Philip dan Keller K lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas Jilid 1. Penerbit Erlangga

Lupioyadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran jasa. PT. Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Penerbit Andy Yogyakarta.

____________. 2008. Strategi Pemasaran. Penerbit Andy Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Andi Yogyakarta.

Umar, Husein. 2000, Riset Pemasaran dan perilaku konsumen, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. PT Indeks. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i4.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com