Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Menengah dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Penghasilan di Kota Samarinda

Mirna Widyaningtias Putri, Suharyono Suharyono, Fibriani Nur Khairin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Perpajakan dan Tingkat Pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan perpajakan usaha menengah dalam memenuhi kewajiban pajak penghasilan di kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kueisoner sebanyak 138 kueisoner, tetapi hanya 45 kueisoner yang dapat diproses. Kueisoner dibagikan kepada bagian keuangan atau pemilik usaha menengah di kota samarinda. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesadaran Perpajakan dan Tingkat Pemahaman Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Perpajakan.

Kata Kunci : Kesadaran Perpajakan, Tingkat Pemahaman Perpajakan, Kepatuhan Perpajakan


References


Arum, Harjanti Puspa. 2012. Pengaruh Kesadaran dan Wajib Pajak Pelayanan Fiskus,dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap), Universitas Diponegoro, Semarang.

Evadiar, Lizha. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Batu, Universitas Muhammadiyah, Malang.

Fikriningrum, Winda Kurnia 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hardiningsih, Pancawati. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Dinamika Keuangan & Perbankan Volume 3 No.1:126-142.Universitas Stikubank, Semarang.

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Tesis.Universitas Diponegoro Semarang.

Liana. 2007. Analisis tingkat pemahaman dan kepatuhan usah kecil dan menengah (UKM) dalam memenuhi kewajiban perpajakannya di yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Edisi Revisi 2011, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Muyodiwarno , Sulud Kahono (2007), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap

Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan : StudiEmpiris di Wilayah KP PBB Semarang, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Prasetyo, Ferry Dwi.2006. Analisis Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilik Usaha Kecil Dan Menengah Dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan Di Daerah Jogjakarta. Universitas islam Indonesia. Yogyakarta.

Pemerintah RI, Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan. Pemerintah RI, Jakarta, 2007

Rahayu, Siti Kurnia dan Sony Devano. 2006. Perpajakan:konsep,teori dan Isu.. Kencana Prenada Media Group. Jakarta:

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia, Penerbit Graha Pustaka, Yogyakarta.

Resmi, Siti. 2011. Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 6, Salemba Empat, Jakarta.

Roseline, Riessa. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Mengukuhkan Diri Sebagai Pengusaha Kena Pajak, Universitas Brawijaya, Malang.

Santi, Anisa Nirmala. 2012. Analisis Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda, dan Sikap Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sari, Vebrina. 2012. Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pasca Kebijakan Fasilitas Pengurangan Tarif PPH di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama, Universitas Indonesia, Jakarta.

Siat dan Toly. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak di Surabaya, Tax & Acconting Review Petra,Vol.1,No.1,2013, 18 Januari 2015.

Suandy, Erly. 2011. Hukum Pajak, Edisis 5, Salemba Empat, Jakarta.

Susilo, Eunike Jacklyn dan Sirajuddin, Betri. 2014. Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 Tetang Pajakan UKM (Studi Kasus Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat), Government Regulation No.46 and Tax SMEs, 19 Januari 2015.

Ulfah, Risa. 2014. Pengaruh Faktor-faktor pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UKM dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya (Studi pada Kelompok UKM Makanan Ringan Wilayah Kota Batu), Universitas Muhammadiyah, Malang.

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia, Edisi Kedelapan, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta.

Winerungan, Oktaviane Lidya. 2012. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Bitung, Jurnal EMBA, Volume 1, No.3:960-1079, Universitas Samratulangi, Manado.

Zahidah,Choiriyatuz.2010. Pengaruh Tingkat Pemahhaman, kepatuhan dan ketegasan sanksi perpajakan terhadap kewajiban perpajakan pengusaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah Jakarta selatan,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i1.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com