Pengaruh return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan current ratio (CR) terhadap harga saham perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia

Ita Oktavia, Siti Masyithoh, Anisa Kusumawardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Current Ratio (CR) Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian adalah 7 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama enam tahun dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan periode 2010 sampai dengan 2015 yang telah dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data dokumentasi dan metode kepustakaan. Hasil penelitian melalui uji f menunjukkan bahwa secara simultan variabel Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Uji t menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. EarningPer Share (EPS) berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap harga saham. Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Selain itu diperoleh bahwa nilai adjusted R Square pada penelitian adalah 0,226. Hal ini berarti 23% harga saham dapat diprediksi dari pergerakan tiga variabel independen tersebut.

Keywords


Return on equity (ROE); earning per share (EPS); current ratio (CR); stock price

References


Ang, Robert. 2007. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media Staff.

Anonim. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Azis, Musdalifah. 2015. Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Brigham and Houston. 2007. Fundamentals of Financial Management. Eight Edition. New York. Mac Graw Hill.

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhrudin, 2006. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hidayat, Taufik. 2010. Buku Pintar Investasi. Jakarta: Media Kita.

Iriani, Nur Jannah. 2015. “Analisis EPS (Earning Per Share) dan DER (Debt to Equity Ratio) Terhadap Harga saham pada Perusahaan Perbankan Indonesia”, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman.

Iswara, Wanda Yoga. 2016. “Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)”, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumawardani, Angrawit. 2012. “Analisis Pengaruh EPS, PER, ROE, FL, DER, CR, ROA Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2009”, Jurnal Akuntansi. Universitas Surabaya.

Permana, Yogi. 2010. “Pengaruh Fundamental Keuangan Tingkat Bunga dan Tingkat Inflasi Terhadap Pergerakan Harga Saham Perusahaan Semen yang Terdaftar di BEI”, Jurnal Akuntansi. Universitas Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujoyo, dkk. 2013. Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto, Achmad Syaiful. 2012. “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi di BEI”, Jurnal Akuntansi. Universitas Surabaya. Vol 1 (1).

Suseno, Bambang. 2011. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Farmasi yang Go Public tahun 2006-2009”, Jurnal Ilmiah Manajemen. Universitas Bengkulu. Vol 6 (1). April.

Sutrisno. 2009. Manajemen KeuanganTeori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Tandelilin, Eduardus. 2006. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Tyas, Maya Sri. 2014. “Pengaruh Rasio Likuiditas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa efek Indonesia”. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Wiguna, Robin dan Anastasia.2008. “Pengaruh Earning Per Share dan Tingkat Bunga SBI Terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar Di LQ45”. Dalam Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume 6 No.2. Hal 130-142. Jurusan Manajemen STIE Musin.

Wuryaningrum, Reni. 2015. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Farmasi di BEI”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. STIESIA: Surabaya. Vol 4 (11) November.

www.bisnis.com

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.seputarforex.com

www.sindonews.com

www.teguhhidayat.com/2012/01/indofarma.html

Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Keuangan Ringkasan Teori dan Penyelesaian Soal. Yogyakarta: Ekonisia UII Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i1.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com