Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure dan implikasinya tehadap earning per share (EPS) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Desi Yana Sari, Lewi Malisan, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Corporate Social Responsibility Disclosure adalah suatu komitmen bisnis untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan yang dapat bekerja sama dengan karyawan dan perwakilan mereka, masyarakat sekitar dan masyarakat yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas hidup. Kebijakan pengungkapan CSR setiap perusahaan berbeda-beda hal ini dikarenakan karakteristik perusahaan. Tipe industri dibagi menjadi dua yaitu perusahaan dengan tipe industri yang High Profil dan tipe industri yang low profil. Perusahaan High Profil umumnya lebih banyak mendapat sorotan dari masyarakat luas sehingga lebih banyak mengungkapkan pengungkapan CSR-nya. Leverage, perusahaan yang leverage yang tinggi umumnya mengungkapkan lebih CSR-nya untuk mengurangi keraguan para kreditor terhadap terpenuhinya hak-hak mereka. Kepemilikan manajerial, dimana pihak manajemen merasa ikut memiliki perusahaan dan akan lebih mengungkapkan CSR-nya. CSR juga memiliki hubungan terhadap EPS, dimana para investor bukan hanya melihat laporan perusahaan melalui kinerja keuangannya saja tetapi juga melihat dari pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.


Keywords


Corporate social responsibility disclosure; tipe industri; leverage; kepemilikan manajerial; earning per share

References


Cheng, Megawati dan Yulius Jogi C. 2011. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhdap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.13 No.1 pp 24-36

Diba, Farah. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan Laporan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan di Indonesia. Skripsi Universitas Hasanuddin.

Firmansari, Fica.2015. Konsep Sustainability Dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility.Skripsi Universitas Jember.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2014. Teori Akuntansi International Financial Reporting System (IFRS). Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hardiningsih, Pancawati. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Voluntary Disclosure Laporan Tahunan Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol.15 No.1, pp.67-79.

Harjito, Agus dan Martono.2011.Manajeman Keuangan, Edisi 2. Ekonisia. Yogyakarta.

Iqbal, Muhammad. 2015. Pengolahan Data dengan Regresi Linier Berganda (Dengan SPSS), Dosen Perbanas Institute. Jakarta.

Kartika, Andi. 2010. Karakteristik Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.2, No. 1, pp. 62-82.

Martiningtyas, Nining. 2011. Teori, Soal, dan Pembahasan Statistika, Cetakan Pertama. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.

Munawir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Liberty. Yogyakarta.

Prastowo, Joko dan Miftachul Huda. 2011. Corporate Social Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Samudra Biru. Yogyakarta.

Purnasiwi, Jayanti dan Drs. Sudarno, Msi. 2011. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Diponegoro (dipublikasikan)

Purwaningsih, Siti. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanto, Agus. 2011. Pengaruh Tipe Industrim Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol.8 No.1, pp 1-94.

Ramadhaningsih, Amalia dan I Made Karya Utama. 2013. Pengaruh Indikator Good Corporate Governance dan Profitabilitas pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.3 No.3,pp.65-82.

Rawi. 2008. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Institusi, dan Leverage terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Diponegoro (dipublikasikan).

Redaksi. 2015. Lima Isu Paling Menarik Untuk Program CSR 2015. http://csr-indonesia.com/2015/02/lima-isu-menarik-untuk-program-csr-2015/, diakses tanggal 25 Oktober 2016.

Roberts, Robin W. 1992. Determinant of Corporate Social Responsibility Disclosure : An Application of Stakeholder Theory. Accounting Organization and Society, Vol.17 No.6 pp 595-612.

Sari, Rizkia Anggita.2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, Vol.1 No.1, pp. 124-140.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Septiani, Mita dan Siti Mutmainah. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap CSR Disclosure dan Implikasinya Terhadap Earning Per Share. Diponegoro Journal of Accounting, Vol.2 No. 2, pp.1-11.

Sutrisno. 2008. Manajemen Keuangan : Teori, Konsep dan Aplikasi, Cetakan Keenam. Ekonisia. Yogyakarta.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi : Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Cetakan Kedelapan. BPFE, Yogyakarta.

Visser, Wayne, et al. 2010. The A to Z of Corporate Social Responsibility. Premedia Limited. Hongkong.

Wijayanti, Feb Tri, Sutaryo dan Muhammad Agung Prabowo. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi XIV, Aceh.

Yaparto, Marissa, Dianne Frisko, dan Rizky Eriandani. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2010-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1.

Yintayani, Ni Nyoman. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Resposibility. Skripsi Universitas Udayana Denpasar.

Zuhroh, Diana dan I Putu Pande Heri Sukmawati. 2003. Analisis Pengaruh Luas Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan terhadap Reaksi Investor : Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan High Profil di BEJ. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

www. Idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i1.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com