Analisis pengaruh komite audit, ukuran dewan komisaris dan konvergensi ifrs terhadap manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia

Annastintatia Polii, Hamid Bone, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Pengaruh Analite Terhadap Komite Audite, Ukuran Dewan dan Konvergensi IFRS Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh: Hamid Bone dan Ibnu Abni Lahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komite audite, ukuran dewan dan konvergensi IFRS terhadap manajemen laba menggunakan model regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 27 perusahaan sebagai sampel penelitian. Sampelnya adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 sampai dengan 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komite audite dan ukuran dewan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Konvergensi IFRS tidak signifikan terhadap manajemen laba. Tata kelola perusahaan yang baik yang diterapkan pada sampel yang diproksikan oleh komite audit dan ukuran dewan akan meminimalkan praktik manajemen laba. Proses laporan keuangan terkendali oleh komite audit dan dewan pengurus, membuat manajemen tidak memiliki kesempatan untuk melakukan praktik pengelolaan laba. Namun konvergensi aplikasi IFRS dalam sampel masih belum berpengaruh terhadap manajemen laba secara signifikan.

Keywords


Tata kelola perusahaan; konvergensi IFRS; manajemen laba

References


Anggraeni, Riske Meitha, 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan Dan Praktik Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba, Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi 2010. Rineka Cipta, Jakarta.

Bapepam, 2000. Surat Edaran Bapepam.

No.SE-03/PM/2000 Tentang Komite

Audit.

Cahyati, Ari Dewi, 2011. Peluang Manajemen

Laba Pasca Konvergensi IFRS: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris, Jurnal Akuntansi Keuangan Vol. 2 (1)

Creswell, John W. 2009. Research Design.

Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fawaid, Achmad. (terjemahan). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Eisenhardt, Kathleen M, 1989. Agency

Theory: An Assessment And Review,

Academy Of Management Review.

Vol. 14 (1): 57-74

Francis, J. Dan Schipper, K, 1999. Have Financial Statement Lost Their Relevnce?, Journal Accounting Reserch. Vol. 37 (2) : 319 - 352

Husni, Raudhatul, 2013. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Laverage dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-

, Jurnal Akuntansi. Vol. 1 (1). Fakultas Ekonomi, Universitas

Andalas.

Jao, Robert dan Gagaring Pagalung, 2011.

Corporate Governance, Ukuran

Perusahaan dan Laverage Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia, Jurnal Akuntansi & Auditing. Vol. 8 (1) : 43-

Jensen, Michael, 1993. The Modern Industrial Revolution, Exit and The Failuer of Internal Control System, Journal Of Finance. Harvard Business School.

Jensen, Michael dan Meckling William, 1976.

Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, Journal Of Financial Economics Vol. 3 (4): 1-78

Komite Nasional Kebijakan Governance.

Pedoman Umum Good

Croporate Governance Indonesia, Jakarta.

Kurniawati dan Rahmawati, 2014. Pengaruh

Adopsi IFRS Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol. 11 (1) :

-133

Kustina, Ketut Tanti, 2012. Dampak Konvergensi International Financial Reporting Standar (IFRS) Bagi Pelaporan Akuntansi Perusahaan Di Indonesia, Jurnal Ilmiah Manajemen

& Akuntansi STIE Triatma Mulia.

Vol. 17 (2): 70-82

Lam, Nelson dan Peter Lau, 2014. Akuntansi

Keuangan. Salemba Empat, Jakarta. Lambert, Richard A, 2001. Contracting Theory

And Accounting, Journal of Accounting

& Economics. University of

Pennsylvania.

Laming, Ripa Fajarina, 2014. Pengaruh Konvergensi IFRS Terhadap Earning Manajement Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi, Tesis. Universitas Hasanudin, Makasar.

Lestari, Yona Octiani, 2012. Konvergensi IFRSS dan Manajemen Laba di Indonesia, Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Nasution, Marihot dan Doddy Setiawan, 2007.

Pengaruh Corporate Governance

Terhadap Manajemen Laba di Industri

Perbankan Indonesia, Simposium

Nasional Akuntansi X. Universitas

Hasanudin, Makasar.

Nundini, Audita Ananda dan Hexana Sri Lastanti, 2014. Pengaruh Konvergensi IFRS Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Earning Manajement Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, E-Journal Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti, Vol. 1 (2):19-32

Praditia, Okta Rezika, 2010. Analisis Pengaruh

Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang

Qomariah, Ratu Nurul, 2013. Dampak

Konvergensi IFRS Terhadap Manajemen Laba Dengan Struktur Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Reeve, James M, dkk. 2009. Pengantar Akuntansi, Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Rohaeni, Dian., dan Titik Aryati. 2011.

Pengaruh Konvergensi IFRS terhadap

Income Smoothing dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi, Simposium Nasional Akuntansi 15. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Santoso, Agnes Febriana dan Eko Pudjolaksono, 2013. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Earning Management Pada Badan Usaha Sektor Property Real Estate Yang Terdaftar di BEI, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2 (2)

Santy, Prima, Tawakkal & Grace T Pontoh,

Pengaruh Adopsi IFRS Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi. Universitas Hasanudin, Makasar.

Scott, William R, 2012. Financial Accounting

Theory 6th Edition. Pearson, Canada. Setiawan, Teguh, 2009. Analisis Pengaruh

Mekanisme Good Corporate

Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol. 1 (2) : 99-122

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sunjoyo, dkk. 2013. Aplikasi SPSS Untuk

Smart Riset: Program Ibm SPSS 21, PT. Alfabeta, Bandung.

Suaryana, Agung, 2007. Pengaruh Komite Audit Terhadap Kualitas Laba, Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis. Fakultas

Ekonomi, Universitas Udayana. Sulistiawan, Dedhy, Yeni Januarsi dan Liza

Alvia, 2011. Creative Accounting.

Salemba Empat, Malang.

Suryani, Indra Dewi, 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di BEI, Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Tambunan, Arthauly, 2015. Pengaruh Good

Corporate Governance Dan Implementasi IFRS Terhadap Manajemen Laba, Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40

Tahun 2007, Tentang Perseroan

Terbatas.

Utami, Rini Budi dan Rahmawati, 2008.

Pengaruh Komposisi Dewan

Komisaris dan Keberadaan Komite

Audit Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ, Seminar Ketahanan Ekonomi Nasional. UPN Veteran Yogyakarta.

Wahyuni, Erna, 2015. Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Dan Konvergensi IFRS Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2013, Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Wardhani, Ratna, 2009. Pengaruh Proteksi Bagi Investor, Konvergensi Standar Akuntansi, Implementasi Corporate Governance Dan Kualitas Audit Terhadap Kualitas Laba: Analisis Lintas Negara Di Asia, Disertasi.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i1.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com