Analisis penerapan metode cost plus pricing dalam menentukan tarif sewa jasa sub kontraktor hauling batubara

Kholid Saifulloh Al-ahmady, Lewi Malisan, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pertimbangan untuk menerapkan metode cost plus pricing sebagai alternatif untuk penentuan layanan tarif sewa sub kontraktor mengangkut batubara, untuk membandingkan layanan tarif sewa sub kontraktor mengangkut batubara sesuai dengan biaya ditambah metode penetapan harga dengan tarif sewa yang ditetapkan oleh perusahaan dan untuk memberikan umpan balik pada perhitungan jumlah perubahan dalam harga jasa penyewaan sub kontraktor mengangkut batubara pada periode kontrak berikutnya di PT. Pilar Unggul Indonesia. Berdasarkan analisis, tarif sewa jasa sub kontraktor dengan metode cost plus pricing memperoleh Rp 1,869.62/MT/KM dan tarif sewa jasa PT. Pilar Unggul Indonesia sebesar Rp 1,663.54/MT/KM. Sehingga memiliki perbedaan kurang dari Rp 206,08/MT/KM. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa tarif sewa jasa sub kontraktor hauling batubara berdasarkan metode cost plus pricing secara efektif digunakan oleh PT. Pilar Unggul Indonesia untuk menentukan keuntungan batas optimal. Sehingga penentuan tarif sewa jasa sub kontraktor hauling batubara dengan metode cost plus pricing dilakukan sebagai acuan penawaran tarif sewa dalam perubahan kebijakan masa depan dengan PT. Pama Persada Nusantara.


Keywords


Tarif sewa jasa; metode cost plus pricing

References


Ahmad, Kamaruddin. 2007. Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Bastian Indra, Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Makasar: Salemba Empat. Buku Satu.

Bastian, Bustami dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya (Terjemahan), Edisi Pertama. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Cahya, Robby. 2015. Analisis Penentuan Tarif Sewa Bus Wisata Dengan Metode Cost Plus Pricing Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada PO. Tami Jaya). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Djoni T. 2013. Akuntansi Manajemen. Metode Penetapan Harga Jual, Tesis. http://xa.yimg.com/groups/22472209/1752362428/name/PRODUCK PRICING, diakses tanggal 20 Juni 2015

Halim, Abdul dan Bambang Supomo dan Syam Kasufi. 2012, Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial), Edisi kedua. Cetakan kedua. BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Hansen, Mowen. 2009. Akuntansi Manajemen, Edisi Kedalapan, Buku 1, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi Ketiga, Jakarta Penerbit PT. Raja Grafindo.

Harini, 2008. Makroekonomi Pengantar, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Jusuf, Al Haryono. 2009. Dasar – Dasar Akuntansi, Jilid 1, Edisi Keenam, Cetakan Kedelapan, BPSTIE YKPN, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid Satu, Terjemahan Bob Sabran, Erlangga. Jakarta.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Pertama. Yogyakrta: ANDI.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima, Cetakan Kesembilan, UPP AMP Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Mursyidi. 2008, Akuntansi Biaya, Conventional Costing, Just In Time, And Activity – Based Costing, Cetakan Pertama, PT. Refika Aditama, Bandung.

Nadarwati. 2013. Analisis Penerapan Metode Cost Plus Pricing dalam Menentukan Tarif Sewa Jasa Bongkar – Muat dan Transportasi Pada PT. Sendy Jaya Putra Balikpapan. Samarinda: Universitas Mulwarman.

Priandeza, Candio. 2013. Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing dan Pengaruhnya Terhadap Laba Pada Toko Karoma Cake. Depok: Universitas Gunadarma.

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Bandung: Linda Kaya.

Sugiri, Slamet. 2009. Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi, UPP AMP Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Supriyono, R.A. 2011. Akuntansi Biaya. Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Buku Pertama, Edisi Kedua, Cetakan Keempatbelas, BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua. Malang: Bayumedia Publising.

Yuningsih, Refti. 2015. Analisis Perhitungan Metode Cost Plus Pricing Dalam Menentukan Harga Jual Produk Pada PT. Wonojati Wijoyo Di Kediri. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

http://skripsiakuntansimanajemen.blogspot.co.id/ di akses tanggal 15 Semptember 2015




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i1.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com