Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Perum Bulog Sub Divre Samarinda

AHMAD SYAULANI

Abstract


The purpose of this study to determine the performance Bulog Sub Division Samarinda when measured by the method of Balanced Scorecard. Balanced Scorecard test the performance of companies based on the financial perspective, customer perspective, internal business processes, learning and growth perspective. Collecting data through qualitative and quantitative methods. Qualitative namely by distributing questionnaires to customers and employees. Quantitative by using financial statements. The population in this study were all employees and customers Bulog Sub Division Samarinda. The sample in this study is 16 for employees and 38 customers. From the calculation of the four perspectives of the Balanced Scorecard can be seen overall value of 85.58. If measured by the size of the performance of the SOEs Decree No. Kep-100 / MBU / 2002 received ratings of AA with healthy criteria. It can become a passion for the company to improve its performance for the next year.

Keywords: Performance, Balanced Scorecard, Performance Assessment.


References


Anggarini, Yunita. 2010. Anggaran Berbasis Kinerja, Penyusun APBD Secara Komprehensif. Cetakan Pertama. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Asriyani. 2012. Skripsi: Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard Pada PT. Hadji Kalla Cabang Cokroaminoto Makassar. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Halim, Abdul, dkk. 2013. Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial). Cetakan Ketiga. BPFE. Yogyakarta.

Ikbal, Muhammad. 2012. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Cetakan Pertama. Interpena. Yogyakarta.

Kaplan dan Norton. 2000. Balanced Scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Cetakan kesembilan. Erlangga. Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI. 2013. Pedoman Umum Raskin 2013. Jakarta.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Ketiga. Cetakan pertama. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mulyadi. 2014. Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Cetakan Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Nasution. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Cetakan Ketiga Belas. Bumi Aksara. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2015. SWOT Balanced Scorecard, Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. Cetakan Ketujuh. PT. Gramedia. Jakarta.

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Cetakan Kedua. Kencana Prenadamedia Group.

Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Cetakan Pertama. Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Trihastuti, Kristianingsih. 2011. Skripsi: Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Wahyuni, Sri. 2011. Skripsi: Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Semen Bosowa Maros. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Wijaya, Darma. 2009. Skripsi: Pengukuran Kinerja Program Raskin Dengan Balanced Scorecard Di Perum Bulog Divre Sumut. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v1i4.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com